Wall Street Sign - Ramy MajoujiPerusahaan dengan kinerja iklim dan karbon terbaik terbukti lebih menguntungkan dan memiliki kondisi keuangan yang lebih baik.

Keterkaitan antara kinerja iklim serta karbon dengan profitabilitas perusahaan ini terungkap dalam laporan CDP (Carbon Disclosure Project) berjudul “Linking Climate Engagement to Financial Performance: An Investor’s Perspective” yang dirilis Senin (23/9) di Bursa Saham New York.

Laporan CDP ini menganalisis data dari 702 perusahaan – dengan nilai asset $87 triliun – yang masuk dalam laporan perubahan iklim Global 500 antara tahun 2008 hingga 2012.

Dengan membandingkan perusahaan yang setara, perusahaan diperingkatkan berdasarkan jenis dan industrinya lalu dianalisis untuk mendapatkan berbagai ukuran profitabilitas.

Hasil analisis ini menunjukkan, perusahaan dengan kinerja iklim dan karbon yang baik memiliki kinerja saham yang lebih tinggi (+5.2%), memiliki keuangan yang lebih stabil (+18.1%) dan pertumbuhan deviden yang lebih tinggi (+1.6%).

Perusahaan dunia semakin sadar perubahan iklim. Tahun ini sebanyak 77% perusahaan yang mengirimkan laporannya ke CDP melaporkan peningkatan perhatian terhadap perubahan iklim, naik 61% dari tahun 2012. Cuaca ekstrem menjadi masalah yang paling mendapatkan perhatian dan penanganan.

Perusahaan yang tergabung dalam S&P 500 berinvestasi rata-rata 4% dari belanja modal tahunan (annual capital expenditure) – dengan nilai mencapai $50 miliar – pada upaya pengurangan emisi dan penghematan energi.

Investasi terbesar datang dari sektor energi dengan nilai $27,3 miliar, diikuti oleh perusahaan listrik dengan nilai investasi $13,7 miliar. Hasilnya adalah pengurangan emisi gas rumah kaca yang mencapai rata-rata 6,1%. Perusahaan S&P 500 juga melaporkan penghematan biaya senilai $4 miliar dari investasi pengurangan emisi tersebut, yang meliputi penghematan dari sisi inovasi desain produk ($1,2 miliar), proses efisiensi energi ($991 juta), dan perubahan cara mereka bertransportasi ($709 juta).

Sebanyak 20 perusahaan yang berhasil melakukan 85% penghematan (dengan nilai $3,5 miliar) menyumbang 90% pengurangan emisi karbon.

Tujuh perusahaan dengan kinerja penghematan biaya dan pengurangan emisi terbaik adalah Ameren Corporation, AT&T, Dell, Exelon Corporation, Northeast Utilities, Wal-Mart Stores, Inc. dan Waste Management.

Redaksi Hijauku.com