Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) kembali menyelenggarakan forum kehutanan (United Nations Forum on Forests) yang kesepuluh, Senin (8/4) di Istanbul, Turki. Forum ini kembali menyeru dunia untuk melindungi hutan sebagai sumber daya alam yang sangat berharga. Hutan saat ini menutupi hampir sepertiga wilayah bumi dan menyediakan manfaat yang beragam, mulai dari manfaat sosial, ekonomi dan lingkungan.

Sekitar 1,6 miliar penduduk – termasuk lebih dari 2.000 suku-suku pedalaman – menggantungkan kehidupan mereka dari hutan. Sebanyak tiga perempat air tawar dunia berasal dari hutan. Hutan juga membantu mengurangi bahaya banjir dan topan serta menyerap karbon dari atmosfer. Lebih dari 3 miliar penduduk bergantung pada hutan sebagai sumber biomassa untuk memasak dan memanaskan ruangan.

“Tantangan untuk memelihara hutan sebagai aset alam yang berharga dan mengelolanya secara berkelanjutan sesungguhnya sangat berat,” ujar Wu Hongbo, Wakil Sekjen PBB Bidang Sosial dan Ekonomi dalam pidatonya membuka forum ini.

“Membuka hutan untuk lahan pertanian dan keperluan lain tanpa regulasi dan perencanaan akan menimbulkan dampak yang buruk bagi ekonomi, lingkungan dan masyarakat,” tuturnya sebagai mana dikutip dalam berita PBB .

Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) memerkirakan, produk hasil hutan menyumbang hampir $468 miliar per tahun kepada ekonomi global. Penelitian yang dipresentasikan dalam UNFF10 menunjukkan, nilai sosial, ekonomi dan lingkungan dari hutan jauh lebih besar dari nilai yang selama ini diperkirakan.

Mario Ruales Carranza dari Ekuador, yang memimpin forum ini menyatakan, hutan adalah rumah bagi 80% keanekaragaman hayati di darat dan menjadi sumber kehidupan 1,6 miliar penduduk dunia.

“Yang kurang dihargai namun penting adalah nilai ekspor kayu yang mencapai $246 miliar hanya pada 2011. Nilai ini adalah gambaran kecil dari sumbangan hutan bagi perekonomian lokal, nasional dan global,” tuturnya.

Forum ini juga akan mengumumkan pemenang penghargaan Forest Heroes Award, Forests for People, UN International Short Film Contest, serta UN Forum on Forest Photo Contest. Kedua penghargaan terakhir baru diselenggarakan untuk pertama kalinya di Forum Kehutanan PBB (UNFF10) di Istanbul, Turki. Kita tunggu bersama-sama informasinya di Hijauku.com.

Redaksi Hijauku.com