Walaupun terkesan mustahil, banyak negara yang telah beralih sepenuhnya ke energi baru dan terbarukan. Siapa saja mereka?

Komunitas negara berenergi terbarukan ini patut dijadikan contoh. Ada lima negara yang dalam kesehariannya menggunakan energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat dan ekonominya. Berdasarkan laporan situs Bionoicfuel bulan lalu (25/4) kelima negara tersebut adalah:

1) Islandia.

Republik Islandia (Iceland) atau Tanah Es adalah sebuah negara pulau di bagian utara Samudera Atlantik. Islandia terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia.

Banyak yang telah mengetahui bahwa Islandia adalah negara yang memiliki potensi sumber energi terbarukan yang sangat besar. Islandia memasok 27% kebutuhan listriknya dari sumber energi panas bumi (geothermal) dan sebanyak 73% kebutuhan listrik sisanya berasal dari pembangkit listrik tenaga air! Ya, Islandia adalah negara di peringkat pertama yang 100% menggunakan sumber energi baru dan terbarukan untuk memenuhi kebutuhan listrik ekonomi dan masyarakatnya.

2) Norwegia.

Kerajaan Norwegia atau Kongeriket Norge (Noreg) dalam bahasa Norwegia, adalah sebuah negara yang terletak di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia.

Sama seperti Islandia, Norwegia adalah salah satu negara terbaik dalam penggunaan energi baru terbarukan. Seluruh kebutuhan listrik di negara ini dipasok dari sumber energi bersih yaitu 99% dari pembangkit listrik tenaga air dan 1% sisanya dari sumber energi terbarukan lain.

3) Kosta Rika.

Kosta Rika adalah negara terkecil kedua di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Nikaragua, Panama, Samudra Pasifik dan Laut Karibia. Prestasi Kosta Rika dalam penggunaan energi terbarukan juga sangat membanggakan. Sebanyak 94% kebutuhan listrik di negara ini dipasok dari sumber energi terbarukan. Rinciannya, sebanyak 76% kebutuhan energi negara ini berasal dari pembangkit listrik tenaga air sementara 18% sisanya berasal dari sumber energi terbarukan lain terutama dari energi panas bumi.

4) Brasil.

Siapa yang tidak kenal dengan Negeri Samba ini. Tidak hanya jago dalam bersepak bola, negara yang paling besar dan paling banyak penduduknya di Amerika Selatan ini juga jago dalam memroduksi energi terbarukan. Sebanyak 87% sumber energi Brasil dipasok dari pembangkit listrik tenaga air dan sumber-sumber energi alternatif yang lain.

5) Kolombia.

Republik Kolombia ialah negara dengan hutan yang sangat lebat yang terletak di barat laut Amerika Selatan. Sekitar 72% wilayah negara ini adalah kawasan hutan.

Kolombia merupakan negara penghasil kopi terbesar kedua di dunia setelah Brasil. Negara yang dilintasi garis khatulistiwa ini juga penghasil zamrud. Tidak hanya jago dalam produksi permata, Kolombia juga salah satu negara terbaik dalam produksi energi terbarukan. Cukup mengejutkan memang, namun 80% kebutuhan energi negara ini dipasok dari sumber energi bersih terutama dari pembangkit listrik tenaga air.

Keberadaan kelima negara ini membuktikan, dengan potensi sumber daya alam yang ada disertai dengan kemauan yang keras, setiap negara bisa beralih ke sumber energi terbarukan. Hijauku.com sudah menulis potensi energi terbarukan di Indonesia di sini.

Hanya waktu yang bisa menguji kesungguhan pemerintah untuk beralih ke sumber energi baru dan terbarukan, Peralihan ini tidak hanya bisa mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap bahan bakar fosil impor namun juga memicu kemandirian ekonomi bangsa.

Kita bisa, jika kita mau beralih ke energi baru dan terbarukan.

Redaksi Hijauku.com