Bersepeda mengurangi polusi udara? Sudah pasti! Bersepeda mengurangi sampah plastik? Bagaimana caranya? Inisiatif inilah yang diperkenalkan oleh komunitas sepeda Enduro Hutan UI memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74. Nama dari inisiatif ini adalah “Goes Pungut Sampah” atau GPS.

Latar belakang diluncurkannya gerakan ini adalah melihat betapa banyak sampah yang berserakan di lingkungan Universitas Indonesia yang notabene menjadi lokasi berkumpulnya penikmat olah raga, tidak hanya olah raga sepeda, namun juga pegiat olah raga lain dari seluruh wilayah Jabodetabek. Apabila lingkungan Universitas Indonesia bersih, semua komunitas juga bisa berolah raga dengan nyaman.

Komunitas Enduro Hutan UI berinisiatif untuk melakukan aksi nyata sekaligus kampanye untuk menjaga kebersihan lingkungan. Anggota Enduro Hutan UI dengan menggunakan sepeda berkumpul di halte bikun (bis kuning) Fakultas Teknik Universitas Indonesia untuk kemudian bersama berkeliling memungut sampah yang berserakan di sepanjang jalur utama Universitas Indonesia sambil bersepeda.

Dengan bersepeda kita bisa melihat langsung kondisi lingkungan Universitas Indonesia lebih dekat.  Walau selintas terlihat bersih namun ternyata banyak sampah yang masih berserakan di selokan, di sepanjang jalan. Sampah-sampah ini dibuang oleh mereka yang tidak bertanggung jawab.

Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, anggota komunitas dilengkapi dengan sarung tangan karet untuk memungut sampah-sampah yang berserakan ini . Sampah-sampah ini kemudian dikumpulkan dalam kantung besar dan diserahkan kepada petugas kebersihan di lingkungan kampus.

Lebih dari 8 kantong plastik besar sampah berhasil dikumpulkan yang didominasi oleh sampah botol, bungkus dan puntung rokok, tas kresek, korek api hingga sedotan yang dibuang sembarangan oleh mereka yang memanfaatkan lingkungan kampus maupun melintasi kampus Universitas Indonesia.

Dengan dilaksanakannya kampanye “Goes Pungut Sampah” ini diharapkan semua komunitas yang menggunakan lingkungan kampus Universitas Indonesia juga bisa turut serta beraksi memungut sampah dan selalu menjaga kebersihan lingkungan. Komunitas sepeda di Jabodetabek sangat banyak jumlahnya. Mereka bisa menjadi penggerak yang potensial dalam menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan.

Komunitas Enduro Hutan UI adalah komunitas sepeda yang dibentuk oleh pesepeda yang berkumpul di lingkup Hutan Kota Universitas Indonesia sejak Agustus 2014. Saat ini komunitas Enduro Hutan UI beranggotakan 262 orang. Bagi yang tertarik bergabung silahkan kunjungi Grup Enduro Hutan UI Riders di Facebook. Siapa saja, termasuk pesepeda, bisa beraksi untuk lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Redaksi Hijauku.com