Perusahaan bisa membantu menyelesaikan masalah dunia sambil tetap meraih laba. Analisis berjudul “The 3% Solution: Driving Profits Through Carbon Reduction” yang disusun oleh WWF (World Wildlife Fund) dan Carbon Disclosure Project (CDP) memberikan panduannya. Perusahaan bisa memeroleh laba yang besar dari upaya mereka memangkas emisi yang bermanfaat mengatasi pemanasan global dan perubahan iklim.

Analisis ini menunjukkan, jika perusahaan di Amerika Serikat bisa mengurangi emisi mereka sebesar rata-rata 3% per tahun, mereka akan bisa menghemat biaya hingga US$190 miliar pada 2020 dan US$780 miliar selama 10 tahun.

Pengurangan emisi CO2 sebesar 3% per tahun hingga tahun 2020 ini setara dengan memangkas total emisi gas rumah kaca sebesar 1,2 gigaton hingga 2020 dari level tahun 2010.

Aksi ini juga akan membantu Amerika mencapai target pemangkasan emisi korporasi sebesar 25% dibanding level tahun 1990-an. Aksi pengurangan emisi ini sesuai dengan prasyarat Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) guna mencegah kenaikan suhu bumi pada 2020 melebihi 2 derajat Celsius di atas level pra-industri.

Laporan ini menunjukkan 4 dari 5 perusahaan S&P 500 yang melaporkan emisi mereka ke Carbon Disclosure Project (CDP) memeroleh manfaat finansial yang lebih besar dari investasi pengurangan karbon mereka dibanding investasi-investasi yang lain sehingga dana yang mereka keluarkan mendapatkan legitimasi yang kuat.

Guna meraih manfaat penghematan energi hingga miliaran dolar ini, perusahaan AS perlu berinvestasi 3-4% dari belanja modal (capital expenditure) mereka setiap tahun di proyek-proyek pengurangan emisi yang berisiko minimal.

Laporan ini juga menyertakan Kalkulator Target dan Laba dari Pengurangan Emisi yang memberikan panduan bagi perusahaan menetapkan target pengurangan emisi mereka sekaligus memrediksi biaya yang akan diraih.

Laporan ini juga mencantumkan Portofolio Produktivitas Karbon yang berisi tiga aksi yang diramu berdasarkan pengalaman dan kesuksesan perusahaan menciptakan aksi strategis baru guna memaksimalkan manfaat bisnis dari aksi pengurangan emisi karbon.

WWF and CDP merekomendasikan tiga aksi perusahaan untuk memangkas emisi sekaligus memeroleh manfaat ekonomi.

Ketiga aksi tersebut adalah: Pertama, gunakan kalkulator dan tetapkan target pengurangan emisi guna mendapatkan manfaat ekonomi; kedua, realokasikan modal untuk memeroleh imbal hasil yang lebih baik dengan risiko minimal; ketiga, raih peningkatan laba perusahaan dari aksi pengurangan emisi.

Laporan WWF dan CDP bisa diunduh dalam tautan berikut ini: Three Percent Solution.

Redaksi Hijauku.com