Media sosial (social media) memberikan manfaat kesehatan bagi mereka yang telah berusia lanjut. Kesimpulan ini terungkap dari hasil penelitian University of Luxembourg yang dirilis baru-baru ini. Sosial media mampu memberikan dukungan kepada mereka saat sakit atau tengah mengalami gangguan kesehatan.

Menurut Dr Anja Leist dari INSIDE, lembaga penelitian milik University of Luxembourg, saat ini gagdet semakin mudah digunakan. Alat-alat ini membantu mereka yang telah berusia lanjut untuk bergabung ke sosial media, forum dan jejaring online.

Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk lebih banyak memeroleh informasi mengenai kesehatan, memberikan mereka solusi dan membuat mereka siap menjalani kosekuensinya. Manfaat positif lain yang bisa diperoleh adalah keterlibatan mereka dalam diskusi antara pasien dan dokter terkait masalah kesehatan.

Media sosial juga bisa membantu mengatasi perasaan kesepian dengan membuka kesempatan bagi mereka untuk lebih banyak berkomunikasi dan menjalin interaksi dengan lingkungan. Sehingga, jika digunakan secara tepat, media sosial bisa membantu mereka mengurangi stres.

Yang perlu dihindari adalah akses atas informasi yang tidak akurat dan penggunaan data-data pribadi, terutama data mereka yang telah meninggal dunia dan menderita gangguan kesehatan yang akan merendahkan martabat mereka yang telah berusia lanjut.

Redaksi Hijauku.com