North American International Auto Show 2011 atau yang lebih dikenal dengan nama Detroit Motor Show yang telah berusia lebih dari 104 tahun kembali memamerkan mobil-mobil paling spektakuler sepanjang sejarah.

Dan saat industri otomotif mulai pulih, mobil-mobil hijau kembali menjadi pusat perhatian dengan munculnya berbagai model baru dan mobil konsep ramah lingkungan. Berikut adalah hitung mundur 10 mobil terhijau di Detroit Motor Show versi Green Car Website untuk  tahun ini:

10. CHEVROLET SONIC
Chevrolet memakai nama Sonic untuk pasar AS. Di negara lain, mobil ini dikenal dengan nama Chevrolet Aveo.  Model ini memiliki dua pilihan mesin; mesin standar Ecotec 1.8 liter dan mesin turbo 1.4 liter. Versi turbo mampu menghasilkan tenaga sebesar 200Nm pada 1,850 dan 4,900rpm. Mesin turbo ini adalah versi ringan dan lebih kecil dari mesin yang dipakai oleh Chevrolet Cruze. Walau konsumsi bahan bakarnya belum diumumkan, model yang telah didesain khusus untuk pasar Amerika Utara ini mewakili visi hijau dari General Motors, produsen mobil ini.

9. VOLKSWAGEN PASSAT
Secara teori, mobil Volkswagen Passat baru tidak masuk dalam kategori mobil hijau karena bodinya yang besar. Namun konsumsi bahan bakar mobil dengan mesin disel TDI ramah lingkungan ini mampu menciptakan rekor sebesar 18.2 km/l (43mpg) dengan torsi mencapai 320Nm. Untuk memenuhi standar emisi di 50 negara bagian, mobil ini juga menggunakan sistem konverter dan penyimpanan nitrogen oksida dan diharapkan mampu meningkatkan pangsa pasar VW di AS.

8. PORSCHE 918  RSR
Mobil yang mengadopsi teknologi terkini dari mobil balap RS Spyder ini adalah salah satu versi dari mobil konsep Porsche 918 Spyder. Mesin injeksi langsungnya (direct injection engine) mampu menyemburkan tenaga hingga 563hp pada 10,300rpm. Untuk mengoptimalkan daya, motor elektrik dipasang pada dua roda depannya yang masing-masing menyumbang tenaga sebesar 75kW. Mobil ini juga menggunakan teknologi flywheel accumulator yang disempurnakan yang mampu menyimpan tenaga saat pengereman. Walau secara tradisional mobil ini tidak termasuk dalam kategori hijau, teknologi-teknologi yang dipakai memberikan sumbangan yang signifikan bagi dunia balap yang lebih ramah lingkungan.

7 & 6. HYUNDAI VELOSTER AND HYUNDAI CURB
Dua mobil andalan Hyundai ini diluncurkan di Detroit Motor Show tahun ini. Hyundai Veloster adalah mobil coupe tiga pintu dan menjadi model keenam dalam inisiatif produk versi 2.0 dari Hyundai. Veloster memakai mesin all-new Gamma empat silinder 1.6 liter – mesin terkecil dalam jajaran mobil Hyundai dengan konsumsi BBM diperkirakan mencapai 17 km/l (40mpg). Teknologi transmisi otomatisnya diklaim mampu meningkatkan efisiensi BBM hingga 5-6% dibandingkan transmisi otomatis biasa; dan teknologi active eco-mode-nya yang memodifikasi sistem transmisi dan kontrol mesin mampu menghemat BBM hingga 7%.

Mobil kedua, Hyundai Curb adalah mobil konsep yang memiliki bodi 4 inchi lebih panjang dari Hyundai Accent, mobil terkecil dalam jajaran produk Hyundai. Mobil ini memiliki desain inovatif dengan teknologi A-pillars yang dibungkus dengan kaca dan dilengkapi dengan mesin injeksi langsung 1.6 liter yang konsumsi BBM-nya mencapai 17 km/l di jalan tol.

5. AUDI A6 HYBRID
Mesin Audi A6 versi Avant 2.0TDIe, selama ini telah membuktikan diri sebagai mesin ramah lingkungan dengan konsumsi energi mencapai 23.5 km/l dan emisi CO2 mencapai 134g/km. Namun tahun ini Audi berencana menawarkan dua mesin bensin yang lebih irit BBM. Mesin pertama adalah  mesin bensin FSI V6 2.8 liter yang mampu menyemburkan tenaga hingga 204 tk (tenaga kuda) dan mesin FSI 3.o liter dengan tenaga mencapai 300 tk. Audi juga menawarkan tiga versi disel dan mobil hibrida – yang akan dilempar ke pasar pada 2012 yang mengombinasikan mesin TFSI 2 liter dengan motor elektrik 45hp dengan daya maksimal mencapai 211 tk.

4. MERCEDES-BENZ S350 BLUETEC 4MATIC
Tipe S-Class sudah lama mengadopsi teknologi hijau sejak diluncurkannya S400. Kini Mercedes-Benz akan meluncurkan model S-Class baru dengan mesin disel ke pasar AS. S350 BlueTEC 4MATIC mengusung mesin turbo disel V6 3.0 liter yang mampu menghasilkan torsi yang dahsyat, 617Nm, dengan laju maksimal mencapai 200 km/j. Tenaga yang besar tidak mengurangi prestasi hijau mobil ini karena mobil ini juga dilengkapi dengan sistem pengurang emisi yang mampu mengubah 80% nitrogen oksida yang dihasilkan dalam sistem pembuangan menjadi nitrogen dan air.

3. MOBIL KONSEP HONDA CIVIC SI DAN CIVIC
Honda Civic generasi terbaru mempunyai tiga pilihan sumber daya dan menjadi model hybrid pertama yang menggunakan teknologi baterai lithium-ion. Hampir seluruh model Civic terbaru akan menggunakan teknologi Eco Assist milik Honda yang sudah dipakai oleh Honda CR-Z dan  Honda Insight. Teknologi ini menawarkan pilihan konsumsi energi sesuai dengan gaya berkendara, dengan mesin yang dilengkapi oleh teknologi variable valve timing dan kontrol elektronik yang irit bensin. Model-model generasi kesembilan akan diluncurkan pertengahan tahun ini.

2. TOYOTA PRIUS BERBAGAI MODEL
Toyota Prius telah lama menjadi simbol mobil ramah lingkungan sejati – dan  Toyota terus menambah daya tarik mobil ini dengan menawarkan dua mobil konsep yang turut meramaikan pasar mobil hatchback. Model pertama adalah Prius V yang didesain untuk keluarga muda. Prius V memiliki interior yang 50% lebih luas  dari Prius standar. Model kedua adalah Prius C Concept. “C”adalah singkatan dari “City”. Model ini adalah versi kompak dari Honday City dengan dimensi yang lebih kecil dan lebih irit BBM dibandingkan saudara tuanya. Model V rencananya akan dilincurkan pertengahan tahun ini sementara C Concept akan diperkenalkan pada 2012.

1. FORD C-MAX ENERGI AND C-MAX HYBRID
Ford C-MAX Hybrid dan C-MAX Energi memiliki basis yang sama; dari model Ford C-MAX lima penumpang. C-MAX Energi sangat istimewa karena mesin plug-in hybrid-nya mampu mengonsumsi bbm lebih dari 212 km/l menggunakan sistem Advanced Technology Partial Zero Emissions Vehicle dari Ford. Mobil dengan teknologi baterai lithium-ion terkini ini juga mengadopsi teknologi informasi pengendara inovatif milik Ford. Kedua model ini adalah kompetitor serius untuk Chevrolet Volt dan akan diperkenalkan di pasar AS pada 2012 dan pasar Eropa pada 2013.

Redaksi Hijauku.com