PES1 - Yamaha Motor (500x333)Sebanyak 55 juta motor dan skuter listrik akan terjual di seluruh dunia mulai tahun ini hingga 2023. Akibat kenaikan harga bahan bakar dan kemacetan yang semakin parah, banyak konsumen dunia, terutama di Eropa dan Amerika Utara yang beralih ke motor roda dua atau skuter listrik.

Produsen-produsen motor terkemuka seperti Yamaha, Honda, bahkan produsen motor besar Harley Davidson juga tak mau ketinggalan turut memroduksi motor listrik. Hal ini terungkap dari hasil penelitian Navigant Research yang dirilis baru-baru ini. Saat ini China masih merajai 98% penjualan motor listrik, namun penjualan diperkirakan akan meluas ke berbagai negara terutama setelah 2015.

Menurut tim peneliti, harga motor atau skuter listrik memang masih lebih tinggi dibanding motor bensin namun produsen motor atau skuter listrik berhasil menemukan strategi baru termasuk menargetkan pasar ceruk bagi polisi atau penegak hukum dan jasa antar barang.

Menurut Navigant, pada masa datang, perubahan gaya transportasi pribadi juga akan menyumbang penjualan motor atau skuter listrik.

Redaksi Hijauku.com