Toyota, Johnson & Johnson, Honda, Volkswagen dan Hewlett-Packard menduduki peringkat teratas merek paling hijau dunia versi Interbrand.

Laporan Merek Hijau Terbaik Dunia 2012 versi Interbrand ini tidak hanya mengevaluasi dan memeringkatkan kinerja lingkungan perusahaan, namun juga persepsi publik atas aksi hijau mereka.

Laporan yang diluncurkan Senin (25/6) lalu tersebut berupaya menganalisis kesenjangan antara aksi hijau perusahaan dan persepsi konsumen dengan menggunakan data yang dikumpulkan dan dianalisis oleh Deloitte, serta data dari pemeringkatan sebelumnya.

Perusahaan otomotif dan teknologi mendominasi pemeringkatan tahun ini. Menurut Interbrand, Toyota berhasil memertahankan posisi No.1 dengan konsistensinya menempatkan aksi ramah lingkungan sebagai prioritas utama perusahaan.

Perusahaan asal Jepang ini dipuji karena mengembangkan mobil hibrida (hybrid) Prius menjadi berbagai model mobil ramah lingkungan, termasuk mobil listrik colok pertama perusahaan. Menurut Interbrand, Toyota juga berhasil meraih status bebas sampah di semua pabrik Toyota di Amerika Utara dan terus membangun gedung dan lokasi penjualan (dealer) yang hemat energi dan ramah lingkungan sesuai dengan prinsip LEED.

Delapan merek otomotif berhasil masuk dalam pemeringkatan merek ini, empat diantaranya masuk dalam 10 besar yaitu Toyota, Honda, Volkswagon dan BMW.

Perusahaan asal Jepang lain yaitu Nissan masuk dalam pemeringkatan ini untuk pertama kalinya. Hal ini karena Nissan telah memiliki rencana kerja 6 tahun untuk beraksi hijau dan mengurangi emisi karbon.

Danone, Ford, Starbucks dan perusahaan distribusi global UPS memerbaiki peringkat mereka dibanding tahun lalu. Danone naik ke peringkat 10 dari posisi 14 tahun lalu. Starbucks berada pada posisi ke-36 dan UPS pada posisi ke-43, keduanya naik enam tingkat dibanding posisi mereka tahun lalu. Daftar lengkap 50 Merek Hijau Global Terbaik bisa diakses di sini: http://www.bestglobalgreenbrands.com/

Redaksi Hijauku.com