Pabrikan mobil asal Jerman, Mercedes-Benz, meraih gelar Mobil Hijau Dunia 2012 (World Green Car) di New York International Auto Show.

Hal tersebut terungkap dalam siaran pers 2012 World Car Award yang diterbitkan minggu lalu (5/4).

Mercedes-Benz S 250 CDI BlueEFFICIENCY dipilih dari 23 kendaraan baru dari seluruh dunia. Mobil tersebut mengalahkan dua finalis lain yaitu Ford Focus Electric dan Peugeot 3008 Hybrid untuk meraih gelar bergengsi tersebut.

Gelar ini adalah prestasi kedua Mercedes Benz dalam sejarah kompetisi World Green Car setelah teknologi Mercedes-Benz E320 Bluetec meraih gelar yang sama pada 2007.

Prof. Dr. Thomas Weber, anggota dewan direksi Mercedes-Benz yang bertanggung jawab dalam bidang penelitian menyatakan, “Konsumsi BBM S250 CDI hanya 5,7 liter setiap 100 km, menjadikannya mobil mewah paling irit di dunia.”

Anugerah World Green Car ini dipersembahkan oleh Bridgestone Corporation dari Jepang. Untuk bisa masuk dalam penilaian, mobil harus merupakan jenis baru atau yang telah dirombak secara keseluruhan. Mobil tersebut juga harus tengah diproduksi dan dipasarkan setidaknya di 10 pasar utama dunia dari mulai 1 Januari 2011 hingga 30 Mei 2012.

Emisi gas buang, konsumsi BBM dan pemilihan teknologi mesin menuju terciptanya mobil yang ramah lingkungan menjadi pertimbangan utama penilaian dalam kompetisi World Green Car ini.

Tiga juri ditunjuk untuk menilai teknologi ramah lingkungan yang digunakan dan diminta untuk menentukan sejumlah finalis yang dipilih oleh 64 juri pada Februari lalu. Hasil pemilihan suara itu kemudian disyahkan oleh lembaga akuntan publik internasional, KPMG.

Para ahli menilai, “S250 CDI adalah mobil pertama dalam 60 tahun sejarah Mercedes S-Class yang menggunakan teknologi 4 silinder. Dengan teknologi start-stop, mesin disel turbo berkekuatan 204hp dengan torsi mencapai 500Nm ini adalah mesin disel terbersih di dunia. Emisi CO2 yang dihasilkan hanya sebesar 149g setiap kilometernya.”

Semua fitur dan kinerja teknologi ramah lingkungan tersebut akhirnya membawa S250 CDI meraih gelar Mobil Hijau Dunia 2012.

Redaksi Hijauku.com