Gerakan hijau kini semakin semarak dengan hadirnya lagu-lagu baru bertema lingkungan. Salah satunya adalah lagu dari Shaggydog.

Bagi yang belum akrab dengan Shaggydog, band ini lahir tahun 1997 di kota Yogjakarta. Band yang digawangi oleh Heru (vocal), Richad (gitar), Raymond (gitar), Bandizt (bass), Yoyo (drums), dan Lilik (keyboard ) ini dikenal karena prestasinya yang unik.

Selain musiknya yang digemari oleh para Doggies, sebutan komunitas penggemar Shaggydog, band ini juga telah memperluas segmentasi pendengarnya ke berbagai penjuru dunia. Mereka melakukan rangkaian tour di Eropa dan Australia serta mendistribusikan penjualan albumnya secara internasional.

Hingga kini Shaggydog telah merilis enam album Shaggydog (1999), Bersama (2001), Hot Dogz (2003), Kembali Berdansa (2006) dan Bersinar (2009).

Dalam single terbarunya, Shaggydog dengan elemen musikalitasnya yang khas, mengajak khalayak luas untuk peduli terhadap lingkungan, khususnya terhadap satwa endemik yang menjadi kebanggan Indonesia yaitu orangutan.

Simak wawancara ekslusif Tim Redaksi Hijauku.com dengan Shaggydog untuk menginspirasi generasi bangsa agar peduli kepada lingkungan dengan berbagai cara yang positif dan kreatif berikut ini.

Hijauku.com : Nama band ini unik, dari mana nama Shaggydog muncul? Jenis musik apa yang diusung oleh Shaggydog?

Nama Shaggydog sendiri di ambil dari sebuah film hitam-putih, yang judulnya “Shaggydog” dan spontan aja, jadilah Shaggydog. Shaggydog banyak menyerap unsur musik, dari Jamaican, rock n roll, blues, pop, keroncong, sampai dangdut. Dasar musik Shaggydog sendiri adalah dance, dan kita menyebutnya Doggy Style. Hingga saat ini Shaggydog masih terus mencoba bereksperimen.

Hijauku.com : Siapakah person dibalik Shaggydog dan pembagian tugasnya?

Personil Shaggydog berjumlah enam : Heru vocal, Richad gitar, Raymond gitar, Bandizt bass, Yoyo drums, dan Lilik keyboard. Inilah tugas utama kami disamping ikut aktif dalam media sosial, merchandise, kegiatan doggies, dan aktivitas studio.

Mengapa tertarik menulis lirik mengenai lingkungan?

Kita Shaggydog sadar, kita hidup dimana? berdampingan dengan siapa? “Alam”. memprihatinkan melihat kondisi lingkungan saat ini, semakin hari bukan semakin membaik dan kitalah salah satu penyebab terbesarnya. Dari sini kita bertindak mencoba ikut mengkampanyekan pelestarian dan perlindungan lingkungan, melalui lagu/lirik.

Mengapa isu penyelamatan orangutan yang dipilih?

Satu hal, habitat orangutan ada di Kalimantan dan sebagian wilayah Sumatra dan hanya disitulah mereka berada. Poopulasinya kini semakin menurun seiring pertumbuhan pemukiman dan terlebih perkebunan kelapa sawit. Pemerintah banyak membuka lahan baru membabat hutan yang merupakan habitat atau rumah bagi orangutan juga. Menyedihkan sekali melihat primata yang seharusnya menjadi kebanggaan Indonesia (karena memang hanya ada di Indonesia) tergusur dan menurun drastis populasinya dan mungkin akan mendekati kepunahan.

Sudah ada berapa lagu bertema lingkungan yang dirilis Shaggydog?

Lagu bertema lingkungan yang sudah dirilis baru satu berjudul “Selamatkan atau Hilang” , lagu ini bisa di-download secara gratis. Shaggydog tidak pernah memaksakan untuk membuat lagu bertema lingkungan. “Selamatkan atau Hilang” secara musikal tidak direncanakan, mungkin untuk lirik terkonsep, tapi tidak sepenuhnya direncanakan.

Selain membuat lagu bertema lingkungan adakah aksi lingkungan yang dilakukan Shaggydog yang lain?

Secara pribadi mungkin seperti buang sampah di tempatnya, mengurangi berpergian dengan kendaraan bermotor. Bersama-sama, Shaggydog saat perform lebih memberikan himbauan kepada para Doggies dan penonton untuk menjaga kebersihan, mengajak mereka untuk mendukung penyelamatan dan pelestarian orangutan dan lingkungan melalui media digital.

Hijauku.com : Adakah rencana untuk merilis lagu baru bertema lingkungan atau melakukan kampanye lingkungan bersama komunitas?

Untuk merilis lagu baru bertema lingkungan sangat mungkin, tetapi kita juga tidak ingin memaksakan harus ada lagu baru bertema lingkungan. Sedangkan untuk kampanye hampir selalu kita lakukan saat perform, atau saat ada wawancara di radio. Shaggydog tertarik jika ada komunitas pecinta lingkungan yang mau menggandeng Shaggydog untuk kampanye lingkungan.

Hijauku.com : Bagaimana penjualan album Shaggydog selama ini?

Penjualan album “Bersinar” bisa dikatakan lumayan, tidak mengecewakan melihat industri musik indonesia yang bisa dibilang musiman.

Terima kasih Shaggydog, boleh berbagi lirik lagu “Selamatkan atau Hilang”?

Ok ini dia liriknya.

“Selamatkan atau Hilang”

Berayun ke sana sini

Diantara pohon yang tinggi
Di luasnya belantara
Kalimantan dan sumatra

Bulu merah begitu indah
Cerah seperti harapan
Kekayaan alam kita
Satwa asli Indonesia

Hutan rimba itu rumahnya
Tidak banyak ia tersisa
Jangan tunggu ia sirna
Selamatkan dari bahaya

Woo.. o o ooo
Biar dia nikmati hidupnya
Woo.. o o ooo
Hidup bebas di alam merdeka

Orangutan
Lindungi lestarikan atau hilang
Orangutan
Aku kamu dan semua bisa
Sekarang!

Tidak guna semua uang
Bila pohon terakhir hilang
Bumi panas makin meranggas
Orang utan makin merana

Woo.. o o ooo
Biar dia nikmati hidupnya
Woo.. o o ooo
Hidup bebas di alam merdeka

Orangutan
Lindungi lestarikan atau hilang
Orangutan
Aku kamu dan semua bisa
Sekarang!

Catatan Redaksi:

Informasi lebih lanjut mengenai Shaggydog bisa dilihat di sini. Lagu “Selamatkan atau Hilang” bisa diunduh secara gratis di sini.