Pemerintah melalui Departemen Kehutanan membuka kesempatan bagi publik untuk memberikan masukan terhadap Program Investasi Kehutanan.

Hal ini terungkap dalam berita yang diterbitkan di situs resmi Departemen Kehutanan minggu lalu (Jum’at, 2 Maret 2012). Program Investasi Kehutanan atau Forest Investment Programme (FIP) merupakan salah satu dari program pendanaan strategis terkait iklim yang berada dibawah Climate Investment Funds (CIF).

FIP mendukung upaya negara-negara berkembang untuk mengurangi deforestasi dan degradasi hutan (REDD) serta meningkatkan pengelolaan hutan secara berkelanjutan (Sustainable Forest Management) yang mengurangi emisi dan perlindungan simpanan carbon.

Indonesia merupakan salah satu dari 8 (delapan) negara percontohan (pilot country) di seluruh dunia yang berpartisipasi dalam FIP dan telah mendapatkan komitmen pendanaan dengan alokasi pendanaan FIP hibah sebesar 37,5 juta US$ (53.6%) dan pinjaman lunak sebesar 32,5 juta US$ (46,6%).

Saat ini Pemerintah Indonesia bersama Multi Development Banks/MDBs (World Bank, ADB dan IFC) sedang membuat Rencana Investasi Kehutanan (Forest Investment Plan) atau RIK Indonesia yang dilakukan melalui proses konsultasi dengan berbagai pihak.

Untuk tujuan menghasilkan sebuah dokumen yang kredibel dan bersifat inklusif, maka draft Rencana Investasi Kehutanan dalam kerangka FIP ini akan disebarluaskan ke publik untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak.

Masyarakat dapat mengunduh draft Rencana Investasi Kehutanan di situs ini. Penyampaian masukan resmi dapat dilakukan melalui email indonesia.fip@gmail.com.

Pada saat memberikan masukan, masyarakat diharapkan menyampaikan identitas secara jelas (nama dan lembaga). Masukan yang telah diterima akan dipertimbangkan oleh Tim untuk menilai tingkat relevansinya.

Konsultasi publik ini akan dibuka selama kurang lebih 2 minggu. Setelah waktu yang ditentukan, draft Rencana Investasi Kehutanan Indonesia dalam kerangka Forest Investment Program (FIP) ini akan difinalkan oleh Kementerian Kehutanan dan MDBs untuk disampaikan ke Climate Investment Funds (CIF) Administrative Unit dan diproses lebih lanjut.

Draft Rencana Investasi kehutanan dapat diunduh di tautan Departemen Kehutanan berikut ini. 

Redaksi Hijauku.com