Apa itu ekonomi hijau? Bagaimana sistem ini memberi manfaat bagi kemanusiaan? Apa beda sistem ekonomi hijau dengan sistem ekonomi yang berkelanjutan?

Masih banyak dari kita yang belum memahami arti ekonomi hijau. Program Lingkungan PBB (UNEP) dalam laporannya berjudul Towards Green Economy menyebutkan, ekonomi hijau adalah ekonomi yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan keadilan sosial. Ekonomi hijau ingin menghilangkan dampak negatif pertumbuhan ekonomi terhadap lingkungan dan kelangkaan sumber daya alam.

Dalam kalimat yang sederhana, ekonomi hijau menurut UNEP adalah perekonomian yang rendah karbon (tidak menghasilkan emisi dan polusi lingkungan), hemat sumber daya alam dan berkeadilan sosial.

Dalam ekonomi hijau, pertumbuhan pendapatan dan penciptaan lapangan kerja baru bersumber dari investasi pemerintah dan swasta yang rendah karbon dan polusi, yang efisien dalam pemakaian energi dan sumber daya alam, serta mampu mencegah kerusakan keanekaragaman hayati dan lingkungan.

Investasi hijau perlu didukung oleh dana publik, reformasi kebijakan bahkan oleh perubahan regulasi.

Investasi di ekonomi hijau harus terus ditingkatkan dengan berpegang pada prinsip memanfaatkan aset sumber daya alam untuk kepentingan masyarakat, terutama masyarakat miskin yang bergantung pada alam untuk sumber kehidupannya.

Konsep ekonomi hijau tidak menggantikan konsep pembangunan yang berkelanjutan namun malah melengkapinya.

Upaya menciptakan kesejahteraan – melalui pencapaian Target Pembangunan Millenium (MDG) – hingga kini masih terus berlangsung, pada saat yang sama, sumber daya alam terus menipis dan kerusakan alam terus terjadi.

Untuk itu, diperlukan konsep ekonomi hijau yang mampu menciptakan kesejahteraan yang merata atau berkeadilan sosial, pada saat yang sama, mampu melestarikan lingkungan dan sumber daya alam.

Berkembangnya konsep ekonomi hijau ini sekaligus mematahkan mitos yang menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi tidak bisa dicapai tanpa mengorbankan lingkungan dan sumber daya alam.

Berbagai data dan penelitian kini semakin membuktikan bahwa ekonomi hijau mampu menciptakan kesejahteraan dan lapangan kerja. Ekonomi hijau juga mampu menciptakan iklim inovasi sekaligus mampu meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. Anda akan menemukan bukti-bukti ini di Hijauku.com – Situs Hijau Indonesia.

Catatan Redaksi:

Artikel yang bersumber dari laporan Program Lingkungan PBB (UNEP) berjudul Towards a Green Economy: Pathways to Sustainable Development and Poverty Eradication – A Synthesis for Policy Makers ini adalah wujud komitmen Hijauku.com memberikan edukasi mengenai ekonomi yang ramah alam.

Redaksi Hijauku.com