Apakah Anda suka membaca? Buku, novel, majalah atau surat kabar adalah sarana yang tepat untuk memperoleh pengetahuan baru. 

Namun menurut situs Ways2gogreen.com, hobi ini bisa membuat Anda terjebak pada kebiasaan buruk: membeli semua bacaan yang Anda inginkan.

Saat rak buku Anda penuh, Anda baru akan sadar dan berkata pada diri Anda sendiri, “Saya harus berubah.”  Ada solusi yang tidak hanya bisa menghemat biaya Anda membeli buku namun juga menghemat ruangan di rumah. Pilihan ini ternyata juga ramah lingkungan.

Dan layanan yang ramah lingkungan itu tidak lain adalah perpustakaan. Sebelum membeli buku, tidak ada salahnya jika Anda mengecek apakah buku tersebut tersedia di perpustakaan terdekat. Saat Anda selesai membaca, jangan lupa untuk mengembalikan buku itu ke perpustakaan dan jadikan hal itu bagian dari kebiasaan baik Anda.

Keuntungan yang lain, Anda bisa meminjam buku secara gratis. Tidak hanya buku, perpustakaan juga menyediakan buku-audio (audio-books), piringan cakram (CD), DVD, majalah dan masih banyak lagi.

Dengan pergi ke perpustakaan, Anda bisa menghemat biaya buku dan mengurangi ruangan yang tidak perlu untuk rak buku-buku Anda. Anda juga bisa menghemat kertas yang dibutuhkan untuk memproduksi buku-buku baru.

Banyak perpustakaan yang juga menerima donasi buku-buku dan majalah lama dengan catatan, buku atau majalah itu masih dalam kondisi baik. Buku-buku yang tidak lagi Anda inginkan juga bisa Anda jual dengan harga diskon.

Kini, hampir semua perpustakaan menawarkan akses Internet. Anda bisa mencari buku di berbagai macam situs dan ribuan buku bisa Anda pinjam, semuanya gratis.

Dan Anda mungkin terkejut dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan di perpustakaan. Banyak perpustakaan yang menggelar program membaca untuk anak-anak. Mereka juga menggelar acara-acara lain yang melibatkan komunitas sehingga menambah daya tarik perpustakaan.

Perpustakaan umum adalah asset yang luar biasa berharga yang patut diketahui oleh semua orang. Pastikan Anda memiliki kartu perpustakaan dan mendukung program-program perpustakaan di lingkungan Anda.

Redaksi Hijauku.com