Deforestation in Burma - jidanchaomian - FlickrNegara-negara beriklim tropis kehilangan tutupan pohon (tree cover) seluas 10 juta hektar pada 2014 atau setara dengan luas wilayah Korea Selatan. Hal ini terungkap dari data satelit yang dirilis oleh Global Forest Watch (GFW), Selasa, 1 September 2015. Data ini dikumpulkan oleh University of Maryland bekerja sama dengan Google.

Dari data ini terungkap, Indonesia dan Brasil menyumbang 38% kehilangan tutupan lahan di negara tropis. Tren ini terus meningkat. Walaupun Brasil telah berhasil mengurangi deforestasi sebesar 70% di wilayah Amazon, penebangan hutan terus berlanjut akibat perubahan harga komoditas dan kebijakan pemerintah. Sementara itu, di Indonesia deforestasi terus terjadi walau pemerintah telah memerpanjang moratorium hutan dan lahan gambut.

WRI15_Global_Tree_Cover_Loss-01Dalam skala global, dunia kehilangan 18 juta hektar tutupan pohon atau dua kali luas wilayah Portugal pada 2014. Tutupan pohon mengukur hilangnya atau matinya pohon tanpa merujuk penyebabnya. Tutupan pohon juga tidak menghitung wilayah hijau pengganti tutupan pohon yang hilang.

Menurut GFW terus hilangnya tutupan pohon, terutama di wilayah tropis ini memicu keprihatinan yang mendalam. “Investigasi menyeluruh diperlukan untuk menangkal pemicu deforestasi ini,” ujar GFW dalam laporannya.

Redaksi Hijauku.com