Africa Globe - openDemocracyHuman Dynamics tampilkan dampak perubahan iklim dunia dalam satu peta.

Tim peneliti dari University of Southampton menyusun peta dampak perubahan iklim yang akan dialami dunia pada akhir abad ini, jika emisi karbon terus meningkat.

Peta baru bernama Human Dynamics of Climate Change ini merupakan hasil kerja sama dengan Badan Meteorologi Inggris (Met Office), berbagai universitas dan organisasi ilmiah. Dalam Human Dynamics, kita bisa menyaksikan peta temperatur bumi pada hari-hari terpanas dalam satu tahun, yang akan naik hingga 6°C atau lebih di negara-negara Eropa, sebagian negara Asia dan Amerika Utara.

Dalam peta ini juga terungkap, risiko banjir di 70% wilayah Asia akan naik. Jutaan orang akan menjadi korban banjir akibat kenaikan permukaan air laut. Hal ini terutama terjadi di negara-negara Asia Selatan, Asia Timur dan Asia Tenggara! Sementara jumlah hari-hari kekeringan di beberapa wilayah Amerika Selatan, Australia dan Afrika Selatan akan meningkat lebih dari 20%.

Peta ini juga memberikan gambaran bagaimana perubahan iklim akan berdampak pada ekonomi dunia. Di industri pertanian, Human Dynamics memaparkan, produksi jagung negara-negara Amerika Tengah akan merosot hingga 12%. Sementara suhu laut di sejumlah wilayah dunia akan naik hingga 4°C.

Negara-negara yang memiliki hubungan perdagangan, sama-sama terdampak perubahan iklim, memengaruhi hasil panen akibat banjir, kekeringan dan peningkatan suhu bumi. Untuk membaca secara lengkap dampak perubahan iklim di berbagai negara, unduh peta dampak perubahan iklim dunia di sini: Human Dynamics.

Redaksi Hijauku.com