New energy-efficient lighting - US NavyMengganti lampu lama Anda dengan lampu hemat energi, membawa manfaat nyata bagi ekonomi, lingkungan dan iklim.

Banyak aksi sederhana yang mampu mengubah dunia. Mengganti lampu lama Anda dengan lampu hemat energi adalah salah satunya.

Jangan meremehkan aksi mudah ini. Laporan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa baru-baru ini memerkirakan, jika dunia mampu mengganti semua lampu menjadi lampu hemat energi, kebutuhan listrik dunia akan berkurang sebesar 5%.

Akibatnya emisi gas rumah kaca (CO2) akan berkurang sebesar 490 juta ton per tahun dan setara dengan memensiunkan 250 pembangkit listrik tenaga batu bara.

Melalui En.lighten Initiative, PBB mengajak dunia untuk beralih ke lampu hemat energi. Saat ini sebanyak 55 negara telah bergabung dalam program ini. Semua negara berkomitmen menghapus lampu boros energi pada 2016 dan berbagai aktivitas telah berlangsung di 27 negara, termasuk di Chile.

Chile telah menerapkan National Efficient Lighting Strategy sejak Agustus 2013, yang berisi standar kinerja energi minimum, verifikasi dan pengawasan produk-produk lampu/penerangan di negara tersebut. “Salah satu aspek dari strategi energi adalah efisiensi energi yang tepat,” ujar Sergio del Campo Fayet, dari Kementrian Energi Chile.

Manfaat peralihan ke lampu hemat energi bagi Chile sangat nyata. Pemerintah Chile mampu menghemat biaya energi hingga $486,4 juta per tahun, mengurangi kebutuhan listrik sebesar 2,8 Twh dan memangkas 1,2 juta ton emisi CO2. Manfaat ini setara dengan mengurangi 300.000 mobil ukuran menengah dari jalan raya. Dengan tekad yang kuat, aksi sederhana bisa menghasilkan manfaat yang nyata. Apa yang kita tunggu?

Redaksi Hijauku.com