Logo InotekSiaran Pers

“Yayasan Inotek Selenggarakan Kompetisi Bisnis Hijau Bidang Pertanian”

Jakarta, Selasa, 3 Desember 2013. Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (Inotek) bekerjasama dengan The Lemelson Foundation dan Kemenristek, menggelar “Kompetisi Perencanaan Bisnis Hijau” untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Syarat peserta dalam kompetisi bergengsi skala nasional ini adalah Warga negara Indonesia yang memiliki usaha kecil dan menengah berbadan hukum, yang telah berjalan minimal selama 2 tahun.

Melalui “Kompetisi Perencanaan Bisnis Hijau” ini, Yayasan Inotek berupaya menjaring UKM yang memiliki dan telah memanfaatkan teknologi hijau dan energi terbarukan di bidang pertanian yang memberi manfaat terhadap masyarakat menengah dan bawah.

Bidang cakupan teknologi hijau dan energi terbarukan yang dimaksud meliputi:

• Memanfaatkan limbah pertanian sebagai sumber energi terbarukan.
• Memproses limbah pertanian dan memanfaatkannya menjadi produk bernilai komersial yang ramah lingkungan.
• Meningkatkan produktivitas pertanian dengan menggunakan teknologi hijau dan/atau energi terbarukan.

UKM yang telah melakukan invensi dan inovasi teknologi terbaik dalam bidang-bidang di atas akan memperoleh pendampingan perencanaan bisnis dan pengembangan usaha dari Yayasan Inotek.

Semua fasilitas dan manfaat di atas melengkapi hadiah utama berupa dana hibah sebesar masing-masing US$10.000 untuk 3 pemenang (dengan nilai total $30.000) yang akan sangat bermanfaat bagi pengembangan dan penerapan teknologi hijau ini di masyarakat.

Pendaftaran kompetisi berlangsung dari 25 November 2013 hingga 31 Januari 2014 dan pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 25 Maret 2014.

Mari bergabung. Buktikan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia juga bisa berjaya di bidang teknologi pertanian.

Formulir pendaftaran bisa diunduh pada tautan berikut ini: Formulir Pendaftaran.

Lengkapi dan kirim ke: kompetisihijau@inotek.org sebelum 31 Januari 2014.

Tentang Yayasan Inotek

Yayasan Inotek adalah lembaga yang memfasilitasi pengembangan dan penyebarluasan teknologi inovatif guna memberi solusi peningkatan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Kami juga berkomitmen mengembangkan kewirausahaan teknologi guna membantu pengentasan kemiskinan dengan mendukung penyebarluasan teknologi aplikatif yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Tentang The Lemelson Foundation

The Lemelson Foundation adalah organisasi yang didirikan oleh Jerome Lemelson, salah satu penemu paling terkemuka di Amerika Serikat. Organisasi ini berfokus memberikan edukasi pagi para inovator-inovator masa depan, mendukung mereka dari mulai pengembangan ide hingga analisis dampaknya dalam memperbaiki kehidupan masyarakat. Dengan moto: From Class Room to Real World, The Lemelson Foundation berkomitmen mendampingi para inovator mulai dari ruang kelas ke dunia nyata.

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Yayasan Inotek di (021) 7211179 atau email ke: info@inotek.org