Inggris dan Wales berhasil memulihkan kebersihan dan kesehatan sungai di wilayah perkotaan. Apa kunci keberhasilan mereka?

Kualitas air dan ekosistem di sungai-sungai di wilayah perkotaan Inggris dan Wales mengalami peningkatan pesat dalam 20 tahun terakhir.

Hal ini terungkap dari hasil penelitian terbesar terkait kondisi sungai di Inggris yang dilakukan oleh para peneliti dari Cardiff University yang diumumkan ke publik minggu lalu (29/6). Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah “Global Change Biology”.

Setelah mengalami pencemaran, terutama dari limbah rumah tangga dan industri dalam beberapa dekade terakhir, kondisi sungai-sungai di dalam dan di sekitar kota-kota besar di Inggris, kembali dikunjungi oleh berbagai jenis serangga seperti lalat capung (mayflies) dan lalat batu (stoneflies).

Dua jenis serangga ini biasa ditemui di air mengalir yang mengandung banyak oksigen. Jumlah hewan invertebrata (hewan yang tidak bertulang belakang) yang ditemukan di sungai juga meningkat, rata-rata sekitar 20%.

Para peneliti dari School of Biosciences di Cardiff University melakukan analisis independen atas data yang diberikan lembaga lingkungan Inggris menggunakan 50.000 sampel dari ribuan lokasi di perkotaan dan pedesaan.

Tim ini lalu mengaitkan data-data tersebut dengan upaya perbaikan tata kelola perusahaan, termasuk pengetatan kebijakan pemerintah terkait lingkungan dan pengelolaan limbah dalam beberapa dekade terakhir.

Namun tidak semua wilayah, mengalami tren perbaikan ini. Kualitas air di sejumlah sungai di wilayah Wales dan Inggris utara memburuk. Tim saat ini terus meneliti fenomena ini.

Dr Ian Vaughan, yang memimpin penelitian ini menyatakan, pulihnya kebersihan dan kesehatan sungai di Inggris dan Wales adalah bentuk keberhasilan investasi dan upaya jangka panjang semua pihak untuk mengembalikan kesehatan ekosistem sungai yang memberikan pasokan air minum dan sanitasi.

Menurut Profesor Steve Ormerod, yang turut menyusun laporan ini, kesuksesan Inggris dan Wales membersihkan sungai-sungai mereka adalah bukti efektifitas regulasi lingkungan jika regulasi itu diterapkan secara tegas.

Dengan membaiknya kondisi sungai, masyarakat yang tinggal, bekerja dan bermain di sepanjang aliran sungai bisa meraih manfaat ini, mulai dari penduduk di wilayah Burnley ke Black Country atau dari Merthyr Tydfil ke Cardiff.

David Baxter, perwakilan dari lembaga lingkungan Inggris menyatakan, pemerintah telah bekerja sama dengan petani, perusahaan dan pengelola layanan air untuk mengurangi polusi dan meningkatkan kualitas air sungai.

Pemerintah Inggris menargetkan pembersihan sungai sepanjang lebih dari 15.288 km di Inggris dan Wales sebelum tahun 2015.

Redaksi Hijauku.com