Hasil Proyek Pelaporan Karbon (Carbon Disclosure Project) tahun ini menunjukkan, perusahaan di berbagai sektor dan wilayah dunia mulai mengambil langkah-langkah serius guna menerapkan strategi pertumbuhan bebas karbon (clean growth).

Proyek Pelaporan Karbon (Carbon Disclosure Project, CDP) adalah survei tahunan yang dilakukan oleh PricewaterhouseCoopers (PwC) untuk mendapatkan data-data penting perusahaan terkait perubahan iklim.

Misi CDP adalah mengumpulkan dan menyebarkan informasi yang bisa memotivasi investor, perusahaan dan pemerintah agar berupaya mencegah perubahan iklim yang berbahaya bagi makhluk hidup dan lingkungan sekitar.

Dalam laporannya tahun ini, Alan McGill, mitra PwC bidang perubahan iklim dan isu keberlanjutan (sustainability) bersama Paul Simpson, CEO dari CDP menggarisbawahi hasil survei mereka. Dari hasil survei tersebut ditemukan:

– 73% responden (294 perusahaan) Global 500 telah melaporkan target pengurangan emisi karbon mereka, naik dari 65% (250 perusahaan) pada 2010.

– 68% responden (269 perusahaan) telah menggabungkan inisiatif mencegah perubahan iklim dalam strategi bisnis mereka, naik dari 48% (187) pada 2010.

– Mayoritas perusahaan (93% atau 368 perusahaan) yang menjadi responden pada tahun ini melaporkan, program perusahaan untuk membantu mengurangi perubahan iklim diawasi langsung oleh jajaran direksi atau eksekutif senior perusahaan, naik dari 85% (328 perusahaan) pada 2010.

– 65% responden (259 perusahaan) menyediakan insentif dana bagi staff untuk melakukan kampanye perubahan iklim, naik dari 49% (188 perusahaan) pada 2010. Tren ini menunjukkan perusahaan semakin berkomitmen dan aktif dalam mengelola isu karbon.

– Tahun ini, 44% responden (178 perusahaan) telah mengurangi emisi karbon mereka melalui berbagai aktifitas, naik dari hanya 19% responden (75 perusahaan) pada 2010.

– Sebanyak 1.780 aktivitas pengurangan emisi sudah dilaporkan oleh 96% responden (384 perusahaan) pada 2011. Aktifitas yang paling banyak dilakukan adalah aktifitas efisiensi energi (dari sisi material, layanan, proses pengelolaan gedung), pemasangan alat-alat hemat energi dan perubahan prilaku.

– Perusahaan dari Australia, Jerman, Italia, Swiss dan Inggris memimpin upaya menciptakan pertumbuhan bebas karbon, sementara perusahaan dari Kanada, Jepang, dan Amerika Serikat tertinggal.

CDP saat ini bertindak mewakili lebih dari 551 investor institusional yang mengelola asset bernilai US$71 trilliun dengan memberikan informasi ke pasar modal tentang kinerja dan pelaporan karbon perusahaan.

Perusahaan kini semakin menyadari bahwa tidak hanya regulasi yang mengharuskan mereka memerhatikan isu perubahan iklim namun konsumen dan investor juga menuntut layanan dan produk yang ramah lingkungan.

Perusahaan akan mengambil manfaat besar pada masa datang jika mereka mendengarkan aspirasi konsumen dan investor dan turut serta dalam upaya menciptakan pertumbuhan bebas karbon ini.

Redaksi Hijauku.com