WWF - LogoYogyakarta, 30 April 2016 – Fotografi sebagai bahasa visual terbukti telah berhasil menembus batas-batas literasi dan hambatan komunikasi antar manusia. Program Panda CLICK! yang digagas WWF Indonesia Program Kalimantan Barat sejak tahun 2010 membuktikan bahwa masyarakat marjinal yang hidup jauh dari modernitas, dapat berbicara dengan fasih tentang alam, lingkungan keseharian dan sosial budaya melalui foto. Foto-foto hasil karya masyarakat ini dipamerkan untuk masyarakat kota Yogyakarta di Galeri Kelas Pagi Yogyakarta, pada tanggal 30 April hingga 4 Mei 2016, dengan tema “Penguatan Masyarakat Melalui Fotografi”.

Pada pameran ini, foto-foto dari Bunut Hilir, Batang Lupar, Nanga Jelundung, Paloh, dan Batu Ampar di Kalimantan Barat, dan Sebangau di Kalimantan Tengah, ditampilkan dengan beragam topik. Para perwakilan fotografer yang berlatar belakang beragam profesi, juga dihadirkan langsung ke Yogyakarta untuk berbagi pengalaman proses kreatif mereka.

Jimmy Syahirsyah, Technical Support Leader WWF Program Kalimantan Barat yang mengomandani Panda CLICK! sejak awal diinisiasi mengatakan, pameran ini bertujuan mengenalkan hasil karya foto-foto masyarakat di daerah konservasi kepada komunitas pencinta fotografi, kalangan akademisi dan masyarakat Yogyakarta pada umumnya. “Diharapkan dari pameran ini bisa mengajak masyarakat Yogya lebih mengenal alam, budaya dan masyarakat di Kalimantan melalui foto-foto yang dipotret oleh warganya sendiri. Perkenalan ini juga penting bagi kami di Panda CLICK! untuk membuka pintu interaksi antara sesama komunitas dengan latar belakang budaya yang berbeda, untuk saling belajar dan mungkin ke depannya bisa berkolaborasi,” ujar Jimmy.

Direktur Akademik Kelas Pagi Yogyakarta, Bari Paramarta Islam menyambut baik kolaborasi dengan Panda CLICK! ini sebagai pertukaran budaya dengan medium fotografi. “Kami di KPY membuka kelas fotografi gratis untuk masyarakat, apapun latar belakangnya dengan semangat bahwa fotografi bukan skill sulit dan hanya untuk kalangan elit. Semangat pemberdayaan masyarakat itu yang kami nilai dari Program Panda CLICK! ini sejalan dengan misi KPY. Ini kebanggaan bagi kami di KPY bisa berkolaborasi dengan tim Panda CLICK!, dan kesempatan juga untuk komunitas KPY dan warga Yogyakarta mengenal lingkungan alam, dan kehidupan sosial budaya Kalimantan melalui foto-foto karya masyarakat peserta Program Panda CLICK!,” ujar Bari.

Acara pembukaan pameran ini dimeriahkan juga dengan penampilan musik tradisional Sape oleh musisi Uyau Moris dan demo tradisional Tattoo Dayak Iban oleh Hendra Tattoo asli dari Kapuas Hulu. Sementara itu selain di KPY, Panda CLICK! juga akan berdiskusi dengan mahasiswa dan kalangan akademisi di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada pada tanggal 2 Mei dengan Prof. PM Laksono sebagai pembahas, dan di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada tanggal 3 Mei dengan Mario Antonius Birowo, Ph.D sebagai pembahas, dan diskusi terbuka untuk umum di Loop Station Jl. Trikora, pada 4 Mei pada pukul 15.00-17.00 WIB.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Jimmy Syahirsyah, Technical Support Leader WWF Indonesia Program Kalimantan Barat
Email : Syahirsyah@wwf.id, Hp: 0811566832
Justina Marhadi, Kelas Pagi Yogyakarta
Email: jmarhadi@gmail.com Hp: 0838 6838 629

Catatan untuk Editor:
E-catalog Pameran Panda CLICK! bisa diunduh pada tautan berikut: wwf.or.id/katalogpandaclick
Tentang WWF-Indonesia

WWF-Indonesia adalah organisasi konservasi nasional yang mandiri dan merupakan bagian dari jaringan global WWF. Mulai bekerja di Indonesia pada tahun 1962 dengan penelitian Badak Jawa di Ujung Kulon, WWF-Indonesia saat ini bergiat di 28 wilayah kerja lapangan di 17 propinsi, mulai dari Aceh hingga Papua. Didukung oleh sekitar 500 staff, WWF-Indonesia bekerja bersama pemerintah, masyarakat lokal, swasta, LSM, masyarakat madani, dan publik luas. Sejak 2006 hingga 2013, WWF Indonesia didukung oleh sekitar 64.000 supporter didalam negeri. Kunjungi www.wwf.or.id.
Tentang Panda CLICK!
Panda CLICK! adalah program penguatan masyarakat melalui fotografi yang diinisiasi oleh WWF Indonesia, dan dimulai pada tahun 2010 di Kalimantan Barat. Dalam kaitannya dengan konservasi lingkungan, Panda CLICK! bertujuan untuk menekan ancaman terhadap satwa dan lingkungan dengan meningkatkan pengetahuan, kesadartahuan, dan kontribusi masyarakat. Hingga saat ini, Panda CLICK! telah berjalan di 11 wilayah dampingan di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Papua Barat, dengan 150 fotografer yang terlibat, dan menghasilkan sekitar 400.000 foto.

Tentang Kelas Pagi Yogyakarta (KPY)
Komunitas belajar fotografi gratis yang dibentuk dan dikembangkan oleh fotografer profesional Anton Ismael pada awal 2006 di Jakarta. Kelas Pagi terbuka untuk siapapun yang ingin bergabung. Dinamakan Kelas Pagi karena di Jakarta kelas ini berlangsung pukul 06.00-10.00 pagi, sebelum peserta dan mentor memulai aktifitas harian.Baru tahun 2009 Kelas Pagi Yogyakarta dibentuk. Informasi lebih lanjut kunjungi http://www.kelaspagiyogyakarta.com/