techPioneersHeader - WE ForumForum Ekonomi Dunia kembali memilih 24 perusahaan – termasuk perusahaan teknologi hijau – sebagai pionir teknologi.

Guna merayakan kekuatan inovasi dan teknologi, Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF) mengumumkan 24 perusahaan sebagai Pionir Teknologi. Perusahaan-perusahaan ini menurut Forum Ekonomi Dunia telah menunjukkan kreativitas dalam merancang dan menciptakan solusi yang transformatif.

Perusahaan-perusahaan yang masuk dalam pemeringkatan ini adalah perusahaan yang berhasil memerbaiki cara diagnosis dan perawatan kesehatan; menyediakan listrik kepada mereka yang tidak memiliki akses energi; menciptakan komputasi rendah biaya; mengembangkan tekologi sensor, visual dan audio baru; serta perusahaan yang memberikan solusi berbasis Internet.

Perusahaan yang masuk dalam kategori Pionir Teknologi 2015 versi Forum Ekonomi Dunia adalah: AutoGrid Systems, Avegant, BlaBlaCar, Cambrian Innovation, Canonical, Couchbase, Eta Devices, Genomatica, Guardant Health, Health Catalyst, HiBot Corporation, Ionic Security, Jasper Technologies, Kakao Corporation, Labcyte, LearnUp, Mera Gao Power, Newlight Technologies, Organovo, Proterra, Raspberry Pi Foundation, Silicor Materials, SmartThings, dan Vaxxas.

Dari ke-24 perusahaan tersebut, perusahaan berteknologi ramah lingkungan masuk dalam kategori ini. Autogrid Systems misalnya, perusahaan komputasi awan dan analisis data untuk sektor energi ini berupaya memberikan akses ke jaringan listrik pintar yang lebih hemat dan ramah lingkungan. Genomatica adalah perusahaan kimia yang memberikan solusi manufaktur ramah lingkungan dengan menghindari proses berbahan bakar fossil. Sementara Cambrian Innovation memberikan solusi pengolahan air limbah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Menurut Fulvia Montresor, Direktur dan penyelenggara Technology Pioneers di Forum Ekonomi Dunia, inovasi teknologi terus memberikan dampak positif di semua sektor. “Solusi yang diberikan semakin beragam dan inovatif,” tuturnya. Perusahaan-perusahaan berteknologi canggih ini akan memeroleh penghargaan dalam acara yang digelar di kota Tianjin, China, tanggal 10 hingga 12 September 2014.

Para pemenang penghargaan Pionir Teknologi sebelumnya termasuk AirBnb (2014), Cyberdyne (2014), Nest Labs (2014), MC10 (2013), Azuri Technologies (2013), Tobii Technology (2013), Dropbox (2012), Kickstarter (2012), Solazyme (2012), Spotify (2011), Twitter (2010), Proteus Digital Health (2009), Wikimedia (2008), Mozilla Corporation (2007), MBA Polymers (2006) dan Google (2002). Baca profil dari semua pemenang di sini: Technology Pioneers.

Redaksi Hijauku.com