Shinjuku District of Tokyo Japan 1996 - KronksJakarta menempati peringkat ke-5 kota metropolitan dunia yang paling rentan bencana alam. 

Bencana alam tidak hanya menghilangkan nyawa manusia namun juga bisa merusak infrastruktur dan ekonomi perkotaan. Kota-kota metropolitan dunia seperti Tokyo, Manila, Hong Kong, Guangzhou, termasuk Jakarta menjadi lokasi yang paling rawan bencana alam. Hal ini karena sebagian besar kota-kota ini dibangun di sepanjang pantai, danau dan sungai.

Dalam laporan berjudul “Mind the risk”, perusahaan asuransi umum Swiss Re menganalisis peringkat kota-kota dunia yang paling berisiko bencana. Kota mana yang paling berisiko?

Sebelum memeroleh kesimpulan tersebut, Swiss Re menggunakan model analisis risiko berdasarkan data-data detil yang disediakan oleh CatNet®. Hasilnya, laporan ini mengungkap indeks risiko ekonomi dan kemanusiaan 616 kota di seluruh dunia. Semua kota ini dihuni oleh 1,7 miliar dengan nilai Produk Domestik Bruto mencapai US$35 triliun atau separuh dari PDB dunia.

Dari hasil penelitian ini terungkap, bencana banjir menjadi ancaman terbesar kota-kota dunia, diikuti oleh gempa dan puting beliung. Berikut peringkat 10 negara dengan jumlah penduduk yang paling rentan terhadap bencana alam.

Peringkat Kota (Jumlah Penduduk yang Rentan)

1. Tokyo-Yokohama, Jepang (57,1 juta)

2. Manila, Philipina (34,6 juta)

3. Pearl-River Delta, China (34,5 juta)

4. Osaka-Kobe, Jepang (32,1 juta)

5. Jakarta, Indonesia (27,7 juta)

6. Nagoya, Jepang (22,9 juta)

7. Kolkata, India (17,9 juta)

8. Shanghai, China (16,7 juta)

9. Los Angeles, Amerika Serikat (16,4 juta)

10. Tehran, Iran (15,6 juta)

Sementara itu jumlah total penduduk di kota-kota metropolitan yang rentan menurut jenis bencana adalah sebagai berikut:

Jenis Bencana (Jumlah Total Penduduk yang Rentan)

1. Banjir (379 juta)

2. Gempa bumi (283 juta)

3. Badai (157 juta)

4. Puting beliung (33 juta)

5. Tsunami (12 juta)

Redaksi Hijauku.com