Walney Offshore Windfarm - David Dixon - Geograph.org.ukRekor baru ini dipicu oleh investasi energi angin lepas pantai Gemini berkapasitas 600MW di Laut Utara, Belanda. 

Investasi energi angin lepas pantai mencetak rekor baru, mendongkrak investasi energi bersih sebesar 33% pada kuartal kedua tahun ini. Hal ini terungkap dalam berita Bloomberg New Energy Finance yang dirilis Selasa (15/7).

Menurut BNEF, rekor baru ini dipicu oleh investasi energi angin lepas pantai Gemini berkapasitas 600MW di Laut Utara, Belanda. Dengan nilai pembiayaan sebesar $63,6 miliar, proyek ini menjadi investasi energi terbarukan terbesar sepanjang sejarah (di luar investasi pembangkit listrik tenaga air raksasa).

Kuartal ini juga diwarnai oleh pembiayaan energi angin skala besar di China dan energi surya di Amerika Serikat dan Amerika Latin. Menurut BNEF hal ini menjadi tanda pertumbuhan positif energi terbarukan tahun ini.

Selain Gemini, masih ada proyek pembiayaan energi terbarukan lain yaitu proyek tenaga surya Ashalim I Sun Negev (kapasitas 121MW) di Israel dengan nilai investasi $818 juta, serta investasi energi angin Cemex Ventika di Meksiko (kapasitas 252MW) dengan nilai investasi $647 juta.

Redaksi Hijauku.com