Jika Anda mencari cara menghemat listrik, ada kabar baik untuk Anda. Menghemat listrik bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan murah! 

Anda tidak perlu melakukan semuanya. Anda bisa memulai dari hal kecil dan rasakan langsung manfaatnya. Berikut 9 cara mudah untuk mulai menghemat listrik di rumah versi situs Make Your Home Energy Efficient:

1. Cucian:

Cucian ada di peringkat pertama upaya menghemat listrik di rumah. Anda bisa menghemat banyak energi dengan mencuci pakaian Anda dengan air dingin atau mencuci dalam suhu rendah. Untuk mengeringkan pakaian selalu jemur pakaian Anda di luar ruangan jika cuaca memungkinkan.

2. Matikan lampu:

Salah satu cara paling mudah untuk menghemat listrik di rumah adalah dengan membiasakan mematikan lampu saat Anda ke luar ruangan.

3. Lemari pendingin (Freezers): Cairkan (defrost) lemari pendingin Anda secara teratur untuk memastikan lemari pendingin Anda bekerja seefisien mungkin.

4.  Kulkas: Hindari membuka kulkas terlalu lama – setiap Anda membuka kulkas, semakin berat kerja kulkas untuk mendinginkan kembali makanan atau minuman di dalamnya.

5. Mendinginkan makanan: Jika Anda ingin menyimpan sisa makanan panas ke dalam kulkas, tunggu makanan tersebut dingin sebelum Anda meletakkannya di dalam kulkas.

6. Merebus air:

Saat merebus air di teko, rebus air sesuai kebutuhan, jangan merebus air terlalu banyak.

7. Peralatan elektronik: Jangan tinggalkan peralatan elektronik dalam posisi “standby”, matikan dan cabut saklar listriknya.

8. Memasak:

Memasak dalam jumlah agak banyak untuk satu hari bisa menghemat waktu dan biaya, Anda bisa menyimpan sisanya dalam lemari atau kulkas.

9. Lampu: Cara ini yang sudah banyak diterapkan oleh masyarakat Indonesia, ganti bola lampu tradisional Anda dengan lampu hemat energi. Anda bisa menghemat energi dan biaya hingga 75%!

Redaksi Hijauku.com