Nano Gold - Gold Particles - Sun Lab - Brown UniversityPartikel emas dengan ukuran yang tepat bisa menjadi katalis yang efektif guna mendaur ulang emisi CO2. Proses daur ulang ini akan menghasilkan bahan bakar alternatif dan bahan kimia lain yang bernilai ekonomi.

Ukuran menjadi kunci utama efektivitas partikel emas dalam mendaur ulang karbon dioksida (CO2) menjadi karbon monoksida (CO). CO inilah yang kemudian menjadi molekul karbon aktif untuk memroduksi bahan kimia dan bahan bakar alternatif. Hal ini terungkap dari hasil penelitian terbaru Brown University yang dirilis Kamis (24/10).

Menurut tim peneliti Brown University, partikel emas berukuran 8 nm (nanometer) berfungsi lebih optimal dibanding partikel emas berukuran 4 nm, 6 nm, atau 10 nm dalam mengubah CO2 menjadi CO.

CO2 adalah pemicu utama perubahan iklim dan pemanasan global. Data terakhir IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change) menyebutkan, manusia telah melepaskan emisi CO2 sebesar 531 GtC (Giga ton carbon), pada 2011. Untuk membatasi kenaikan suhu bumi di bawah 2°C, emisi CO2 kumulatif tidak boleh melampaui 1000 GtC. Sehingga batas emisi karbon yang tersisa hanya mencapai 469 GtC.

Mengurangi dan membatasi kenaikan emisi gas rumah kaca, termasuk CO2 adalah cara mencegah krisis iklim lepas kendali. Sehingga emisi CO2 yang telah dilepaskan menjadi “bahan baku” yang berlimpah yang bisa dipakai untuk memroduksi bahan bakar alternatif dan bahan kimia yang bernilai ekonomi.

“Penelitian kami menunjukkan potensi partikel emas berukuran nano untuk mendaur ulang CO2,” ujar Shouheng Sun, profesor kimia dan salah satu peneliti senior yang menyusun laporan ini. “Walau penelitian ini masih dalam tahap awal, namun teknologi ini berpotensi untuk ditingkatkan hingga skala komersial,” tambahnya lagi.

Efektifitas partikel emas dalam mendaur ulang CO2 terus diteliti. Tim peneliti Brown University menyimpulkan, partikel emas berukuran 8 nanometer memiliki tingkat konversi CO2 menjadi CO terbesar (mencapai 90%) dibanding partikel-partikel emas berukuran lain.

Redaksi Hijauku.com