Parktivist - Hidden ParkTaman Tebet, Jakarta Selatan – Kegiatan Urban Farming dan Parktivist yang digelar pada Jumat (18/10) dan Minggu (20/10) mengawali rangkaian acara HiddenPark 2013 yang akan berlangsung mulai 26 Oktober hingga 17 November 2013 di kawasan Taman Tebet Jakarta Selatan.

Urban Farming dilangsungkan di Taman Honda Tebet yang melibatkan siswa dari sejumlah sekolah diantaranya dari beberapa sekolah di kawasan Tebet, diantaranya adalah siswa dari SMPN 73 Jakarta, SMP Muhammadiyah 10 Tebet dan SMP Muhammadiyah 36 Tebet. Masing sekolah tersebut membawa 25 orang siswa dan didampingi oleh para guru. Selain juga diikuti oleh anggota masyarakat lain seperti mahasiswa dan masyarakat umum.

Dalam kegiatan Urban Farming yang juga didukung oleh Yayasan Usaha Mulia, sebuah organisasi yang fokus pada social work ini, para peserta melakukan penanaman sejumlah tumbuhan seperti selada hijau, selada merah, mint, cai sim, pakcoy, basel dan kangkung. Semua tumbuhan ini ditanam pada wadah berupa botol mineral bekas dan tong minyak bekas dengan diberikan pupuk organik seperti kotoran ayam, kambing, dedaunan serta potongan kayu bekas.

“Kami memang memilih tanaman yang waktu tanamnya sekitar satu bulan saja. Sehingga pada akhir penyelenggaraan HiddenPark 2013 pada 17 November mendatang, tanaman – tanaman tersebut sudah bisa dipanen dan kami juga memberikan kesempatan serta memfasilitasi para pengunjung acara ini untuk melakukan penanaman di lokasi acara”, demikian dikatakan oleh Public Relations Leaf Plus, konsultan sekaligus pelaksana HiddenPark 2013 Rahma Nurdina.

Sementara pada hari Minggu (20/10) di Taman Bibit Tebet telah diselenggarakan kegiatan Parktivist, yaitu sebuah pelatihan bagi para relawan yang nantinya akan menjadi cikal bakal komunitas HiddenPark serta mengajak masyarakat luas khususnya warga DKI Jakarta untuk aware terhadap taman yang ada di sekeliling mereka serta memanfaatkan fungsi taman secara maksimal.

Puluhan peserta Parktivist tersebut pada hari Minggu itu juga melakukan kegiatan lain seperti park cleaning up, pembuatan lobang biopori dan pemupukan tanaman yang ditanam pada acara Urban Farming. Para aktivis ini juga akan terlibat langsung selama acara HiddenPark berlangsung.

“Kami ingin masyarakat, khususnya di DKI Jakarta memiliki sense of belonging terhadap taman – taman yang ada. Seiring dengan tumbuhnya kesadaran akan pentingnya hidup sehat belakangan ini, taman – taman yang ada bisa menjadi pilihan untuk melakukan kegiatan kreatif”, tambah Dina.

Untuk info lebih lanjut hubungi:

Rahma Nurdina, PR & Communications Manager, LeafPlus, PT. Daun Plus Indonesia

Jl. Kemang Selatan VIII No. 4a, Kemang, Jakarta Selatan, Indonesia

P: +62 21 719 5425, F: +62 21 719 2767, M: +62 812 71070 688, E: dina@leaf-plus.com

W: www.leaf-plus.com