Logo KOPHI

PRESS RELEASE – Jakarta – Minggu (20/10), Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) berkolaborasi dengan Hijauku.com mengadakan “Warung KOPHI”. Warung KOPHI merupakan ajang untuk saling berdiskusi dan kumpul antarsesama komunitas, khususnya yang bergerak di bidang lingkungan. Kali ini Warung KOPHI memfokuskan pada pengurangan sampah dan kampanye Petisi KOPHI ITEM yang akan dilaksakan pada tanggal 3 November nanti.

Acara ini dibuka dengan Kelas Perubahan Iklim yang dibawakan oleh Hijauku.com. Kelas ini ditujukan untuk masyarakat umum dari berbagai macam latar belakang organisasi dan institusi. Melalui kelas ini, Hijauku.com mengedukasi peserta mengenai krisis lingkungan dan iklim yang terjadi.

Hizbullah Arief, founder Hijauku.com, mengatakan, “Krisis iklim dan lingkungan ini muncul akibat berbagai macam faktor, diantaranya adalah pembakaran bahan bakar fosil dan produksi sampah yang tidak terkontrol.” Berdasarkan data WHO 2011, tingkat polusi di Jakarta mencapai titik 70 mkg/m3/tahun. Tidak hanya itu, menurut Arief, “Indonesia menyumbangkan 151.921 ton sampah per hari, sedangkan Jakarta menyumbangkan sampah sebanyak 7.896 ton per hari”, tambah Arief.

Acara dilanjutkan dengan diskusi bersama peserta yang lain untuk membahas dan merumuskan Petisi KOPHI ITEM. Petisi ini ditujukan untuk mengajak masyarakat bersama mendukung pengadaan water dispenser berbayar di tempat-tempat umum. Gagasan ini diangkat untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai. Dengan aksi sederhana ini, dapat berdampak besar pada lingkungan.

Sasaran petisi ini sendiri adalah perusahaan air minum dalam kemasan. Dinda Aksari selaku Ketua Divisi Media Komunikasi KOPHI menyampaikan bahwa sebenarnya water dispenser ini sudah banyak terdapat di berbagai negara, contohnya di negara tetangga Malaysia.

Melalui kelas ini, diharapkan peserta yang hadir tidak hanya sadar dan peduli terhadap fenonema perubahan iklim yang terjadi di lingkungan sekitar, tetapi juga dapat berkolaborasi dengan KOPHI untuk merealisasikan pengadaan water dispenser secara massal di Indonesia.

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi:

Sri Rizki Kesuma (081285201617)

Info mengenai KOPHI:

www.kophi.or.id – www.facebook.com/pemudahijau – www.twitter.com/kophi_