logo_hidenpark_convert_blackDalam rangka mengkampanyekan ruang terbuka hijau di DKI Jakarta secara konsisten dan berkelanjutan, Kementerian Pekerjaan Umum untuk kedua kalinya menyelenggarakan acara HiddenPark, kampanye publik kreatif ruang terbuka hijau, yang akan berlangsung di Taman Tebet, Jakarta Selatan, dari tanggal 26 Oktober – 17 November 2013.

Menurut penjelasan LeafPlus, konsultan komunikasi lingkungan yang menjadi konseptor dan pelaksana HiddenPark ,selama ini ruang terbuka hijau seperti taman belum banyak dilirik dan bukanlah top of mind masyarakat ibukota Jakarta sebagai ruang beraktivitas, berkreasi dan berkumpul.

Tetapi melalui penyelenggaraan HiddenPark tahun lalu yang berlokasi di Taman Langsat, awareness dan kebutuhan masayarakat urban Jakarta mulai meningkat, Diharapkan melalui kegiatan kampanye yang berkelanjutan dapat makin mengangkat potensi RTH sebagai ruang budaya, edukasi, rekreasi, berkumpul dan sebagai melting pot yang dapat menumbuhkan kolaborasi dan kreativitas.

“Selain itu kami ingin menjadikan acara HiddenPark sebagai medium bagi masyarakat untuk menyuarakan aspirasi terkait kebutuhan akan ruang-ruang publik yang menunjang happiness factor kehidupan di kota metropolitan”, tutur Public Relations LEAFPL Rahma Nurdina .

Berdasarkan UU no 26 tahun 2007 tentang Tata Ruang , proporsi ruang terbuka hijau (RTH) pada suatu wilayah kota paling sedikit sebesar 30% dari luas kota tersebut. Saat ini di DKI Jakarta RTH yang tersedia baru mencapai lima persen dan ditargetkan akan mencapai 20 persen dalam waktu lima tahun kedepan.

HiddenPark 2013 dalam rangkaian kegiatannya berusaha menggabungkan aneka kegiatan mulai dari kegiatan ‘Planting on Farm Bed’ program Urban Farming yang diikuti oleh 75 siswa dari 3 sekolah di sekitar Taman Tebet dan telah dilakasanakan pada Jumat (18/10), kegiatan Park Clean Up dan HiddenPark Volunteer Training yang berlangsung Minggu (20/10) lalu dilanjutkan dengan rangkaian aneka kegiatan lainnya setiap Sabtu dan Minggu hingga 17 November mendatang, dimana setiap pekannya memiliki tema masing – masing yaitu Kids/Family, Art & Music, Sport & Play dan Community.

Kegiatan kampanye publik HiddenPark yang berlangsung selama 1 bulan akan diawali dengan sejumlah acara diantarannya, Parenting Talkshow, aneka permainan tradisional, acara barbeque, sosialisasi perpustakaan diruang terbuka, dongeng anak – anak layar tancap (moonlight theater) dan pesta es krim.

Pada akhir pekan kedua, HiddenPark akan dibuka dengan peninjauan oleh Bapak Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, yang selanjutnya diikuti oleh kegiatan-kegiatan membatik di taman, klinik fotografi, kelas gitar gratis, belajar membuat keramik dari tanah liat, edukasi pemanfaatan kertas daur ulang, kolaborasi melukis, layar tancap, seni lukis dengan kapur tulis oleh anak – anak, dan lain – lain.

Pada pekan ketiga, yang mengambil tema sport and play akan disajikan kegiatan diantaranya,Yoga, Zumba Class, Fitness untukanak – anak, atraksi BMX, karate, urban camping dan layar tancap. akan menampilkan kegiatan sejumlah komunitas yang berisi kegiatan diskusi, bersih – bersih taman dan launching Hidden Park Community, dan lain – lain.

Sejumlah komunitas yang akan berpartisipasi dalam HiddenPark tahun ini adalah, Indonesia Berkebun (komunitas urban farming), Taman Suropati Chambers (orchestra taman), Piknik Asik (komunitas piknik), WikenTanpa ke Mal (komunitas jalan-jalan urban), Movie Explorer (komunitas pecinta film), Komunitas Historia Indonesia (komunitassejarah), ID Folding Bike (komunitas sepeda), Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI), Klab Cekatan (komunitas mendongeng), Komunitas Liburan Anak, Social Yoga, Indorunners, fitnessku, Culindra (komunitas taman Bandung), Green Map Network, Trashi (Transformasi Hijau), dan lain – lain.

Ditambahkan oleh Dina, HiddenPark akan memeriahkan Taman Tebet dengan berbagai instalasi danhiasan seni yang atraktif selama acara. Bekerjasama dengan mitra dari pihak swasta, HiddenPark juga mengusahakan penambahan fasilitas taman yang diperlukan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

“Diantaranya adalah, Gamelan musical tree, HiddenPark Doorway, Outdoor library, Colored trees, Umbrella canopy, Mood Wheel, Wish Ribbons, Animals from used cans, Light installations, Campaign signage, Park Lighting, Wifi, Sand for playground, dan lain – lain.

Kesuksesan Hidden Park 2012

HiddenPark yang diselenggarakan tahun2012 di Taman Langsat Jakarta Selatan telah berhasil mengangkat isu taman kota dan RTH menjadi agenda publik yang penting dan menjadi model kolaborasi multi stakeholder (pemerintahpusat, pemerintahdaerah, pihakswasta dan komunitas) untuk visi kota yang lebih hijau dan sehat.

Animo publik (individu, komunitas, swasta) yang tinggi untuk terlibat dalam gerakan taman kota maupun respon dalam bentuk penyampaian aspirasi memberikan logic yang kuat bagi gerakan ini. Diharapkan gerakan ini dapat memfasilitasi dan memicu kolaborasi yang lebih luas antar pemangku kepentingan untuk pengelolaan dan pengembangan taman kota dan RTH.

Pihak swasta setelah acara HiddenPark 2012 turut tergerak membantu revitalisasi taman dalam bentuk perbaikan maupun penambahan fasilitas yang belum ada untuk menjadikan taman tersebut semakin nyaman. Seperti, Wifi, rak sepeda, tempat sampah, bangku dan kupel taman, perbaikan lapangan olah raga, perbaikan jembatan, penambahan tanaman hias, dan lain – lain.

Kampanye publik HiddenPark saat itu juga telah berhasil menginspirasi dan menyulut activism untuk taman kota bahkan di kota lain. HiddenPark yang semula digelar sebagai pilot project di Jakarta ternyata disambut secara antusias oleh para penggiat kota di Bandung. Segera setelah rangkaian HiddenPark di Jakarta selesai, BCCF (Bandung Creative City Forum) dan komunitas Culindra mengadopsi konsep HiddenPark dengan kegiatan yang dinamakan ‘Parktivity’.Diharapkan konsep gerakan HiddenPark dapat menular kekota-kota lain.

Rahma Nurdina – PR & Communications Manager LeafPlus

PT. Daun Plus Indonesia, Jl. Kemang Selatan VIII No. 4a, Kemang, Jakarta Selatan, Indonesia. P: +62 21 719 5425, F: +62 21 719 2767, M: +62 812 71070 688, E: dina@leaf-plus.com, W: www.leaf-plus.com