Penelitian terbaru yang dilakukan Departemen Energi dan Perubahan Iklim Inggris menunjukkan, meningkatkan efisiensi energi di rumah atau bangunan akan melindungi lingkungan dan menambah nilai jual properti rata-rata 14% di atas harga jual normal. Di beberapa wilayah lain di Inggris, peningkatan nilai bangunan ini bahkan bisa mencapai 38%.

Nilai penjualan rumah berukuran sedang di Inggris bisa naik hingga £16.000 (US$24.765) jika pemilik rumah meningkatkan fitur lingkungan dan efisiensi energi rumah mereka. Di wilayah timur laut Inggris, aksi menghijaukan rumah ini bisa menambah nilai jual rumah hingga £25.000 (US$35.599) sementara di wilayah barat laut, nilai jual rumah bisa naik hingga £23.000 (US$35.599) dari nilai jual normal.

Inggris memiliki inisiatif bernama “Green Deal” guna mendorong masyarakat dan pebisnis berinvestasi pada teknologi hijau secara “gratis” untuk rumah atau bangunan mereka. Langkah ini dilakukan untuk menghemat biaya energi dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Cara mengikuti inisiatif Green Deal ini mudah, warga atau pebisnis bisa langsung mendatangi perusahaan yang ditunjuk untuk menilai rumah atau bangunan mereka. Mereka akan memeroleh rekomendasi dari perusahaan pelaksana Green Deal, berupa tingkat efisiensi yang bisa diraih oleh rumah dan bangunan melalui pemasangan teknologi hijau. Satu yang harus dipatuhi, tingkat efisiensi yang dicapai harus melebihi biaya investasi teknologi hijau.

Pemilik rumah tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pemasangan teknologi hijau ini. Semua biaya ditanggung oleh pemerintah. Pemilik rumah atau gedung akan mencicil biaya investasi digabung dengan biaya listrik bulanan mereka. Jika pemilik rumah pindah, pemilik rumah baru akan meneruskan pembayaran cicilan ini.

Hasilnya, warga dan pemerintah akan menikmati penghematan biaya energi dalam jangka panjang sekaligus meningkatkan kualitas lingkungan sekitar. Harga jual properti mereka juga akan meningkat. Laporan ini meneliti penjualan lebih dari 300.000 rumah di Inggris antara tahun 1995 hingga 2011, dan menjadi penelitian paling komprehensif hingga saat ini.

Menurut tim peneliti, efisiensi energi menjadi faktor penentu peningkatan nilai properti di Inggris. Inisiatif Green Deal di Inggris bisa dipelajari dalam tautan berikut ini: Green Deal.

Redaksi Hijauku.com