Siaran Pers – Universitas Kristen Petra jurusan Desain Komunikasi Visual

Surabaya 16 Mei 2013 – Sekali lagi mahasiswa Universitas Kristen Petra jurusan Desain Komunikasi Visual, mengadakan acara yang bersifat sosial. Si Pori Social Campaign, merupakan kampanye yang mengangkat teori Lubang Penyerapan atau Biopori. Penanaman lubang Biopori ini bertujuan untuk menyehatkan tanah dan mencegah banjir.

Berhubung acara ini ditujukan lebih kepada anak-anak SMP, maka dibuatlah maskot “si Pori” yang lucu, sehingga bisa menjelaskan lubang Biopori secara sederhana dan dapat dimengerti oleh anak-anak.

Kampanye ini awalnya dimulai pada 2 Mei 2013 lalu, dengan pemasangan ambient media, yaitu membuat banjir buatan di SMP Kristen Bethel Sulung 3, Kutisari, Surabaya. Banyak anak merasa terganggu dengan banjir buatan itu. Bagaimanapun banjir pastinya tidak mengenakkan, bukan?

Kampanye berikutnya diadakan pada Kamis, 16 Mei 2013. Kegiatan yang dipanitiai oleh 5 mahasiswa ini, berhasil menjaring peserta dan volunteer sebanyak lebih dari 100 orang.

Acara dimulai sejak jam 9 pagi. Kemudian pada pukul 10, semua peserta berkumpul dan bersama-sama menanam lubang Biopori. Pertama, yang dilakukan adalah menggali tanah tempat dibuatnya lubang Biopori. Kedua, mengisi lubang dengan daun-daun kering untuk mempercepat proses penyerapan. Yang terakhir, menanam lubang resapan ke dalam tanah.

Peserta juga diajak untuk mencap tangan dengan cat berwarna hijau pada spanduk bertuliskan “SURABAYA”. Esensinya adalah mereka telah ikut serta menghijaukan Surabaya. Selain menambah pengetahuan anak-anak tentang Biopori, Si Pori Social Campaign juga berhasil mengajak mereka untuk ikut peduli lingkungan. Dengan harapan, makin banyak orang yang mempedulikan lingkungannya dan Surabaya makin hijau.

Kontak Media:

Stephanie D.S – Nomor Ponsel: 0878 5374 3662