Aktivitas bersepeda, berjalan kaki, dan menggunakan transportasi publik menjadi solusi Australia untuk meningkatkan aktivitas fisik warganya. Hal ini terungkap dalam berita National Heart Foundation of Australia (NHFA) yang dirilis Selasa (12/3).

Dalam laporan berjudul “Moving Australia 2030: A Transport Plan for a Productive and Active Australia”, NHFA menggarisbawahi kekurangan aktivitas fisik sebagai salah satu penyebab kematian utama di Australia.

Diperkirakan lebih dari 16.000 penduduk Australia meninggal prematur akibat kekurangan aktivitas fisik. Menurut Dr Robert Grenfell, Direktur Kesehatan Kardiovaskuler di NHFA, penyebab utama kematian ini tidak hanya serangan jantung dan stroke namun juga diabetes dan penyakit kanker.

Heart Foundation merekomendasikan semua pihak untuk mengadopsi rekomendasi yang ada dalam laporan ini. Salah satu cara paling mudah agar penduduk bisa memenuhi syarat aktivitas fisik selama 30 menit, menurut Dr Grenfell adalah dengan menjadikan aktivitas fisik ini bagian dari rutinitas mereka seperti melakukannya saat pulang dan pergi ke sekolah atau kantor. “Beralih ke transportasi aktif dan menghindari penggunaan kendaraan pribadi, bisa menjadi solusi krisis obesitas yang dipicu oleh kekurangan aktivitas fisik,” ujar Dr Grenfell.

Kekurangan aktivitas fisik menjadi pemicu utama risiko penyakit jantung yang selama ini sering diabaikan. “Sama seperti merokok, risiko (kekurangan aktivitas fisik) ini perlu ditangani secara serius,” tambah Dr Grenfell.

Kekurangan aktivitas fisik merugikan Australia $13,8 miliar per tahun dan statistik menunjukkan penduduk yang beraktivitas fisik selama 30 menit per hari bisa membantu menghemat biaya kesehatan Australia hingga $1,5 miliar per tahun.

Menurut hasil penelitian NHFA , sekitar satu per lima penduduk usia dewasa di Australia menempuh jarak kurang dari 5 kilometer ke sekolah atau ke tempat kerja dan di wilayah perkotaan, lebih dari 50% perjalanan yang dilakukan menggunakan kendaraan bermotor berjarak kurang dari 5 kilometer. “Kita telah kecanduan mobil dan melupakan fungsi kaki kita,” ujar Dr Grenfell.

NHFA merekomendasikan agar penduduk lebih banyak bergerak dan pemerintah mendukung rekomendasi ini. Salah satu kebijakan yang direkomendasikan oleh NHFA adalah dengan memberikan keringanan pajak terhadap sepeda dan peralatan keamanannya yang digunakan untuk penduduk bekerja.

Menurut NHFA, pemerintah Australia menghabiskan miliaran dolar untuk memberikan subsidi terhadap kendaraan bermotor, namun sangat sedikit subsidi yang diberikan bagi pesepeda.

Laporan ini mengungkap, aktivitas transportasi aktif – berjalan kaki, bersepeda dan menggunakan transportasi publik – bisa meningkat lebih dari 30% (naik dari 19,5%) dari semua perjalanan di kota-kota besar di Australia jika rekomendasi NHFA diterapkan. Laporan dari NHFA bisa diunduh di tautan berikut ini.

Redaksi Hijauku.com