Trotoar rusak? Fasilitas pedestrian dipenuhi oleh pedagang kaki lima? Ada lubang berbahaya di tengah trotoar, namun tak tahu ke mana harus melapor? Mungkin Anda harus mencoba aplikasi yang satu ini.

Clean Air Initiative for Asian Cities (CAI-Asia) baru-baru ini meluncurkan program ponsel untuk mengawasi kelayakan fasilitas pejalan kaki. Aplikasi yang diluncurkan awal Oktober ini bisa diunduh secara gratis di pasar online Google.

Tidak hanya memberikan informasi, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna memberikan penilaian (rating) atas lajur pejalan kaki, trotoar dan wilayah pedestrian di sekitarnya.

Aplikasi ini nantinya juga memungkinkan pengguna mengunggah foto kondisi lingkungan pedestrian guna membantu pengawasan fasilitas-fasilitas ini.

Jalan kaki menurut CAI-Asia adalah aktivitas transportasi yang paling ramah lingkungan. Namun lebih dari 70% korban kecelakaan lalu lintas di Asia adalah para pejalan kaki.

Fasilitas pejalan kaki yang aman dan memadai perlu diprioritaskan karena di kota-kota besar, para pejalan kaki bertaruh nyawa menghadapi risiko kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh pengguna jalan lain.

Menurut Glynda Bathan, Wakil Direktur Eksekutif CAI-Asia, para pejalan kaki harus diberikan sarana untuk mengekspresikan pendapat mereka sehingga pihaknya menciptakan aplikasi ini bersama dengan situs khusus dan halaman di jejaring sosial seperti Facebook.

Semua fasilitan online ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran publik untuk beralih ke transportasi aktif yang paling rendah emisi yaitu berjalan kaki.

Kunjungi situsnya: www.walkabilityasia.org atau tengok halaman Facebook : www.facebook.com/WalkabilityAsia dan unduh aplikasinya di sini: www.bit.ly/QX5LZ0

Redaksi Hijauku.com