Hanya dengan beralih ke dua gaya hidup sederhana, Anda bisa memerbaiki kesehatan dalam jangka panjang.

Kesimpulan ini terungkap dalam siaran pers Universitas Northwestern, yang diterbitkan Senin lalu (28/5).

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Northwestern Medicine, dengan menghindari berlama-lama duduk di kursi atau sofa, Anda akan bisa menghindari kebiasaan “ngemil”, mengonsumsi makanan ringan, seperti mengonsumsi kue coklat yang mengandung banyak lemak.

Kesimpulan sederhana dari penelitian ini berdampak luas: satu perubahan gaya hidup akan menimbulkan efek domino terhadap gaya hidup yang lain.

Dengan menghilangkan kebiasaan duduk bermalas-malasan di sofa, menonton TV atau di depan komputer, Anda akan mengurangi konsumsi makanan sampah (junk food) yang mengandung banyak lemak jenuh.

Penelitian ini juga menyimpulkan, jika Anda bersedia menerapkan dua gaya hidup kunci yaitu mengurangi waktu menonton TV dan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, Anda akan menikmati manfaat kesehatan dalam jangka panjang.

“Hanya dengan beralih ke dua gaya hidup sehat tersebut Anda akan menikmati manfaat yang besar dan Anda tidak perlu melakukannya secara berlebihan,” ujar Bonnie Spring, Profesor dari Northwestern University Feinberg School of Medicine yang memimpin penelitian yang hasilnya telah diterbitkan di jurnal “Archives of Internal Medicine” ini.

Spring bersama peneliti lain berusaha menemukan cara paling efektif untuk mengubah gaya hidup yang tidak sehat yaitu dengan mengonsumsi makanan berlemak, kurang mengonsumsi sayur dan buah-buahan, bermalas-malasan dan kurang aktivitas fisik.

Mereka meneliti 204 pasien dewasa berumur 21 hingga 60 tahun yang memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Spring melakukan perawatan berdasarkan keempat gejala tersebut yaitu dengan mengurangi makanan berlemak, menambah konsumsi sayuran, mengurangi waktu bermalas-malasan dan meningkatkan aktivitas fisik.

Selama perawatan, para pasien memasukkan data ke alat digital dan mengirim data-data tersebut ke perawat melalui telepon dan email. Hasilnya menakjubkan. Selama enam bulan para pasien berhasil memertahankan gaya hidup sehat mereka. Mereka berhasil mengurangi waktu bermalas-malasan dan konsumsi makanan berlemak.

Sekitar 86% pasien mengatakan, mereka telah meninggalkan gaya hidup yang tidak sehat dan berusaha untuk memertahankannya. Semua itu bisa terwujud dengan menerapkan dua gaya hidup kunci yaitu mengurangi waktu menonton TV dan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran.

Dan jangan lupa dengan beraktivitas di luar ruang – tidak hanya menghabiskan waktu di depan TV – Anda juga akan menghemat energi dan mengurangi emisi CO2. Saatnya menerapkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan.

Redaksi Hijauku.com