AAYF Gelar Aksi Lingkungan dan Kesehatan Memeringati Hari Bumi 2012

Asia Africa Youth Forum (AAYF) Indonesia dan Rotaract Club Bandung Sentral Kota Kembang akan menyelenggarakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bumi 2012 bertajuk “Apple Day dan Senam 1000 Anak Asia Afrika” bertempat di Car Free Day, Dago dan Kawasan Braga pada tanggal 22 April 2012.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari program Hari Ulang Tahun Konperensi Asia Afrika ke-57 (HUT KAA), yang merupakan program tahunan Kementrian Luar Negeri Indonesia dan Museum Konperensi Asia Afrika. Isu yang diangkat dalam kegiatan ini adalah lingkungan dan kesehatan yang terdapat dalam poin-poin Millenium Development Goals (MDGs).

Kegiatan Apple Day merupakan kegiatan kampanye lingkungan yang akan dilakukan di Car Free Day, Dago. Tujuannya adalah untuk mengajak masyarakat agar menjaga lingkungan sekitar, mulai dari pengelolaan sampah, bijak menggunakan energi, dan diet menggunakan barang berbahan plastik.

Seperti yang kita ketahui cadangan energi fosil semakin berkurang dan kita dituntut untuk mencari inovasi energi terbarukan untuk mengganti dan mengurangi penggunaan energi fosil yang saat ini kita pakai. Juga, barang-barang berbahan plastik juga terbuat dari energi fosil dan sulit untuk terurai di alam, kita juga dituntut untuk mengurangi penggunaan barang-barang plastik.

Simbolisasi dari kampanye ini adalah pengunjung bisa menukarkan botol plastik minuman bekas dengan satu buah apel Malang yang disediakan. Dengan mengusung tagline “Apple can save our health as well as our earth save us” yang memiliki maksud bahwa apel dapat memberikan kita manfaat kesehatan layaknya bumi menjaga kita, dan seharusnya kita juga menjaga bumi kita agar tetap lestari.

Sedangkan, Senam 1000 Anak Asia Afrika merupakan kegiatan yang mengajak siswa-siswi sekolah dasar untuk melakukan senam pagi bersama yang akan diiringi oleh lagu-lagu dari negara Asia dan Afrika. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan pola hidup sehat kepada anak-anak dengan berolahraga secara teratur. Kegiatan ini akan dilakukan di Kawasan Braga dan akan diikuti oleh lebih dari 1000 siswa-siswi sekolah dasar se-Bandung Raya.

AAYF Indonesia merupakan organisasi pemuda yang lahir berdasarkan deklarasi dari Asia Africa Youth Forum Conference tahun 2010 di Bandung oleh para pemuda dari negara Asia dan Afrika. Tujuan dari organisasi ini adalah untuk mencapai Millenium Development Goals (MDGs) melalui program-program pengembangan kepemudaan berbasis social project.

Program perdana dari AAYF adalah “Apple Day dan Senam 1000 Anak Asia Afrika”. Rotaract Club Bandung Sentral Kota Kembang adalah organisasi pemuda yang disponsori Rotary Club yang bertujuan untuk mengembangkan potensi leadership, professional development, dan social service. Program unggulan dari Rotaract adalah H.E.A.R.T Project (Hear the Earth with Art).

Contact Person: Rahyang Nusantara | 08562172018 | @dewa_rahyang | rahyang.nusantara@gmail.com