Penelitian MonsterTRACK di Amerika Serikat menunjukkan, 80% “profesional muda” tertarik untuk meniti karir yang memberikan dampak positif ke lingkungan. 

Sebanyak 92% dari mereka menyatakan lebih memilih untuk bekerja di perusahaan yang ramah alam. 

Bersepeda ke kantor bisa menjadi bagian dari program lingkungan perusahaan. Bersepeda sebagai bentuk transportasi alternatif bisa membantu alam dengan mengurangi jumlah karbon dioksida di udara karena dalam produksinya sepeda lebih hemat energi dan bahan baku dibanding mobil yang paling ramah lingkungan sekalipun.

Berikut sepuluh manfaat program bersepeda ke kantor bagi perusahaan:

1. Meningkatkan produktifitas pegawai: Pegawai yang fit akan lebih cepat tanggap, lebih produktif, berkinerja lebih baik dan lebih efisien.

2. Meningkatkan kesehatan pegawai.

3. Mengurangi biaya kesehatan: Karyawan yang sehat bisa membantu mengurangi biaya asuransi kesehatan.

4. Mengurangi biaya parkir.

5. Mengurangi emisi karbon.

6. Mengurangi tingkat keluar masuk pegawai: Loyalitas karyawan akan meningkat jika perusahaan menghargai kebutuhan pribadi mereka.

7. Mendukung program bersepeda ke kantor jauh lebih murah dibanding membangun fasilitas kebugaran (fitness) di tempat kerja.

8. Meningkatkan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan kerja: Program bersepeda ke kantor bisa mengganti program kebugaran dan menghemat waktu pegawai.

9. Melibatkan masyarakat: Sepeda bisa diproduksi dan diservis di bengkel lokal sehingga bisa membuka lapangan kerja sebagai bagian dari penciptaan ekonomi yang ramah alam.

10. Meningkatkan citra perusahaan.

Program bersepeda ke kantor juga bisa menjadi sarana menyebarkan kesadaran lingkungan tidak hanya ke komunitas bisnis namun juga ke masyarakat. Dengan bersepeda ke kantor, karyawan juga bisa meningkatkan kualitas hidup mereka dan menghemat biaya.

Catatan Redaksi:

Artikel ini adalah hasil kerja sama Hijauku.com dan Taiga Company, Perusahaan Konsultansi Lingkungan dari Amerika Serikat. Artikel diadaptasi dari tulisan Julie Urlaub, Managing Partner, Taiga Company

Redaksi Hijauku.com