Menerapkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan pada usia paruh baya bisa memerpanjang usia harapan hidup hingga 14 tahun. Hal ini terungkap dari hasil penelitian yang dirilis oleh Northwestern University Feinberg School of Medicine, Senin (5/11).

Menurut para peneliti, jika Anda memiliki kualitas kesehatan jantung yang optimal saat Anda berusia paruh baya, Anda memiliki harapan hidup yang lebih lama.

Tingkat harapan hidup Anda akan bertambah hingga 14 tahun jika Anda bebas dari risiko gangguan penyakit kardiovaskular (jantung dan tekanan darah tinggi) dibanding rekan Anda yang berisiko terkena gejala penyakit jantung dan peredaran darah.

Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association (JAMA) pada 5 November.

“Kami menemukan banyak penduduk menderita penyakit kardiovaskular saat mereka memasuki usia lanjut, mereka yang bebas dari risiko penyakit ini akan hidup lebih lama,” ujar John T. Wilkins, M.D., salah satu penyusun penelitian ini. “Kita harus terus menjaga diri dari risiko penyakit kardiovaskular untuk bisa hidup lebih lama dan lebih sehat.”

Para ilmuwan memeroleh data dari Cardiovascular Lifetime Risk Pooling Project yang meneliti responden yang memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang mematikan maupun tidak yang berumur antara 45, 55, 65 hingga 95 tahun.

Sepanjang waktu penelitian, para ilmuwan mencatat empat faktor risiko dari gaya hidup yang tidak sehat yaitu tekanan darah, jumlah total kolesterol, risiko diabetes dan aktivitas merokok, yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan darah.

Hasilnya, individu yang bebas dari semua risiko di atas memiliki umur 14 tahun lebih panjang dibanding mereka yang memiliki setidaknya dua faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Laki-laki yang berusia paruh baya memiliki risiko hingga 60% terkena penyakit kardiovaskular. Sementara perempuan berusia paruh baya memiliki risiko hingga 56%. Risiko ini menurut para peneliti disebabkan oleh gaya hidup mereka sehari-hari.

Beraktivitas fisik yang cukup, seperti berjalan kaki atau bersepeda, makan-makanan yang sehat, mengurangi konsumsi daging, menghindari polusi, tidak merokok, mengonsumsi buah dan sayur, semua tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan, namun juga bagi lingkungan. Manfaat dari semua aktivitas sehat dan ramah lingkungan ini bisa dibaca di Hijauku.com.

Redaksi Hijauku.com