Selama ini, para ilmuwan telah mengetahui bahwa pemanasan global akan meningkatkan curah hujan. Namun besarnya intensitas hujan tersebut masih belum terungkap. Penelitian terbaru dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) menemukan, jika suhu bumi naik 1 derajat Celsius, hujan ekstrem di wilayah tropis akan bertambah lebat hingga 10%. Dampak meningkatnya intensitas hujan ekstrem ini adalah potensi banjir di wilayah-wilayah yang padat penduduk di daerah tropis.

“Penelitian ini mengaji negara-negara yang padat penduduknya dan rentan terkena dampak perubahan iklim,” ujar Paul O’Gorman, Profesor Ilmu Atmosfer di MIT, “Dan dampak perubahan curah hujan sangat penting dalam hal ini.”

O’Gorman menemukan bahwa dibanding wilayah-wilayah lain di dunia, curah hujan ekstrem di wilayah tropis lebih sensitif terhadap pengaruh perubahan iklim. Namun O’Gorman menyatakan, pihaknya belum bisa memahami mekanisme peningkatan curah hujan ini. Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Nature Geoscience.

Saat CO2 dan gas rumah kaca lain memasuki atmosfer, suhu akan meningkat, memicu peningkatan penguapan air ke atmosfer. Peningkatan kelembapan ini akan memicu hujan yang semakin deras dan semakin ekstrem seiring dengan pemanasan global.

Variasi iklim dari tahun ke tahun ini sebagian besar dipicu oleh El Niño — fenomena cuaca tropis yang menghangatkan permukaan Samudra Pasifik Timur. El Niño menyebabkan peningkatan suhu lokal dan perubahan pola dan curah hujan yang independen, di luar pengaruh pemanasan global.

Namun melalui model perubahan iklim, O’Gorman berhasil menemukan pola yang bisa mensimulasikan baik efek pemanasan global maupun El Niño.

Hasilnya, model curah hujan ekstrem yang sensitif terhadap perubahan iklim, ternyata juga sensitif terhadap pemanasan global, demikian sebaliknya. Sehingga ditemukan keterkaitan antara curah hujan tropis yang ekstrem dengan perubahan temperatur dari tahun ke tahun dan perubahan iklim dalam jangka panjang.

Dengan menggunakan pola pengamatan ini, O’Gorman menemukan, jika suhu bumi naik 1 derajat Celsius, hujan ekstrem di wilayah tropis akan bertambah ekstrem sebesar 10%.

“Pemanasan global memiliki pengaruh besar pada peningkatan intensitas hujan ekstrem di wilayah tropis,” ujar O’Gorman. “Dengan mengetahui tingkat sensitivitas ini, kita bisa lebih bersiap menghadapinya, dengan perencanaan yang lebih praktis.”

Redaksi Hijauku.com